infosawit

Musi Banyuasin Telah Replanting Sawit Rakyat 6000 ha



Musi Banyuasin Telah Replanting Sawit Rakyat 6000 ha

InfoSAWIT, KOTA KINABALU – Setelah sukses melakukan kegiatan Peremajaan Sawit Rakyat (PSR) yang diresmikan langsung oleh Presiden Joko Widodo beberapa bulan lalu, kini Kabupaten Musi Banyuasin telah menbah areal peremajaan sawit rakyat menjadi seluas 6000 ha.

Dikatakan Wakil Bupati Musi Banyuasin, Beni Hernedi, kegiatan PSR itu dilakukan secara bertahap dan berhati-hati. Setelah tiga tahun penerapan replanting tahap pertama, selanjutnya dilakukan replanting tahap berikutnya. “Kita akan terus kawal dan focus mengenai kegiatan replanting ini,” katanya disela-sela acara Roundtable Meeting (RT 16) di Kota Kinabalu, Sabah, Malaysia kepada InfoSAWIT, Selasa (13/11/2018).

Lebih lanjut kata Beni, untuk menerapkan peremajaan sawit rakyat  ini Pemerintah Daerah tidak bisa melakukannya sendirian, tetapi juga didukung oleh regulasi yang mendukung dari pemerintah pusat, salah satunya penerapan regulasi untuk pengembangan perkebunan kelapa sawit berkelanjutan.

Sebab penerapan pengembangan kelapa sawit secara berkelanjutan, kata Beni, butuh guidance yang jelas. “Sebab ini berkaitan dengan kawasan hutan,” katanya.

Nemun demikian Beni memastikan, bahwa pelepasan kawasan hutan yang dilakukan bukan berarti mendorong pembukaan hutan baru untuk pembukaan kebun sawit, melainkan lahan yang memang telah semenjak dulu telah menjadi kebun sawit tetapi masih berstatus kawasan hutan. “Jangan salah paham, sebab yang dilepaskan adalah lahan yang memang sudah terbuka, bukan berbentuk hutan lagi,” tandas Beni. (T2)

 


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit