infosawit

Membangun Planters Sawit yang Berkapasitas Tinggi



Membangun Planters Sawit yang  Berkapasitas Tinggi

InfoSAWIT, JOGJAKARTA - Membangun Sumber Daya Manusia yang handal dan profesional saat ini menjadi sebuah keharusan. Lantaran ditangan para planter, tingkat prduktivitas perkebunan, sangat ditentukan.

Apalagi dengan keterbatasan lahan dan persaingan ketat di sektor perkebunan telah menuntut para planter untuk bisa memberikan improvisasi yang tepat, supaya bisa bersaing dengan negara lain.

Upaya peningkatan profesionalisme planter tersebut tercatat telah menjadi salah satu misi bagi para planter yang tergabung dalam Indonesian Planters Society (IPS). Dikatakan Ketua Umum IPS, Zulham S Koto, kehadiran asosiasi ini, selain menjadi wadah bagi seluruh  pekerja profesional perkebunan di Indonesia, pula menjadi sarana bagi para planter untuk bisa meningkatkan kinerja profesionalismenya.

Apalagi gagasan pembentukan asosiasi ini berasal dari para planter di Indonesia. “Didirikannya IPS ini adalah gagasan dari seluruh planter di Indonesia, khususnya bagi panters di sektor perkebunan kelapa sawit, dimana tujuan utamanya supaya sektor tersebut bisa berdaya saing tinggi dan efisien serta berkelanjutan,” tutur Zulham, disela-sela Seminar Nasional Planter Indonesia (SNPI) 2018, kepada InfoSAWIT, di Jogjakarta, awal Agustus lalu.

Zulham memastikan, bahwa IPS adalah organisasi yang didalamnya berisikan para pekerja profesional yang telah mengkaryakan diri di sektor perkebunan. Bahkan sebagai organisasi profesional telah dibekali dengan ijin pendirian organisasi sehingga secara hukum telah sah semenjak Mei 2018 lalu. 

Lebih lanjut kata Zulham, kehadiran IPS juga bermaksud sebagai wadah untuk menyampaikan keberhasilan planter dalam membangun sektor komoditas, termasuk mendorong pengembangan profesionalitas para planter. “Lahan perkebunan kelapa sawit telah seluas 14 juta ha, disitu ada planters maka perlu ada pembinaan supaya bisa menghasilkan profitibilitas tinggi bagi pengusaha,” kata dia. (T2)

 

Terbit pada Majalah InfoSAWIT edisi Cetak Agustus 2018

 


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit