infosawit

KERJASAMA REHABILITASI DAN EDUKASI, ORANGUTAN



KERJASAMA REHABILITASI DAN EDUKASI, ORANGUTAN

SINAR MAS AGRIBUSINESS AND FOOD, PERUSAHAAN PERKEBUNAN KELAPA SAWIT TERINTEGRASI DARI HULU HINGGA HILIR KEMBALI MELANJUTKAN KERJASAMA DENGAN ORANGUTAN FOUNDATION INTERNATIONAL (OFI) UNTUK MEREHABILITASI DAN MENGKONSERVASI ORANGUTAN.

Untuk kali ini, cakupan kerjasama diperluas dengan memberikan edukasi kepada masyarakat dan siswa-siswi sekolah mengenai pentingnya menjaga keanekaragaman hayati disekitar perkebunan, termasuk didalamnya Orangutan.

Upaya perlindungan satwa langka dan terancam punah di Indonesia, sejalan dengan komitmen Perusahaan dengan penerapan kebijakan konservasi hutan (Forest Conservation Policy) pada tahun 2011 untuk tidak membangun dan melakukan konservasi untuk area-area yang memiliki Nilai Konservasi Tinggi (NKT). Kebijakan ini tertuang dalam Kebijakan Sosial Lingkungan Golden Agri-Resources (GAR) sebagai panduan perusahaan dalam melaksanakan operasinya sehari-hari.

Dalam informasi yang didapat InfoSAWIT, komitmen ini kembali diperkuat dengan penerapan Zero Tolerance Policy pada tahun 2012 yang mempertegas larangan untuk berburu, melukai, memiliki, atau membunuh satwa liar yang tergolong langka, terancam dan hampir punah. Kebijakan ini menjadi dasar bagi pembekalan seluruh karyawan dan pekerja Sinar Mas Agribusiness and Food terhadap program-program konservasi satwa liar, termasuk konservasi orangutan.

Kerjasama lanjutan antara Sinar Mas Agribusiness and Food dengan OFI untuk periode 2018-2021 ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman kedua belah pihak. Dikatakan President Director Sinar Mas Agribusiness and Food, Daud Dharsono, program Friends of the Orangutan bersama OFI akan memasuki tahap ke-3. Sejak program ini dimulai pada tahun 2011 hingga 2017, Perusahaan bersama OFI telah melakukan upaya konservasi keanekaragaman hayati dengan melepasliarkan total 100 individu orangutan. “Sekarang kita akan melanjutkan kerjasama dari program ini yang akan selesai pada 2021. Bersama-sama kita akan melakukan pelepasliaran untuk 60 individu orangutan, program edukasi dan pemberian bantuan operasional seperti mobil, speedboat dan klotok,” katanya, belum lama ini. . . .


. . . untuk selengkapnya dapat di baca di majalah infosawit di infosawit store atau berlangganan.

infosawit