infosawit

PASAR BIODIESEL KIAN MONCER



PASAR BIODIESEL  KIAN MONCER

GELIAT PERTUMBUHAN INDUSTRI MINYAK SAWIT NASIONAL KIAN PESAT. PASALNYA, PASOKAN BAHAN BAKU YANG BERASAL DARI PERKEBUNAN KELAPA SAWIT, TERUS MENGALAMI PERTUMBUHAN SETIAP TAHUNNYA. TERLEBIH, KEBERADAAN INDUSTRI MINYAK GORENG ATAU REFINERI YANG KIAN TERSEBAR DAN TUMBUH DI BERBAGAI KOTA-KOTA BESAR DI INDONESIA.

Dengan bertumbuhnya refineri di berbagai kota di Indonesia, telah menjadi momentum bagi bertumbuhnya industri hilir minyak sawit. Pasalnya, keberadaan refineri memang menjadi penentu utama, bagi tersedianya bahan baku bagi industri hilir minyak sawit di Indonesia. Terlebih, industri hilir memiliki keunggulan utama akan kemampuannya menghasilkan produk terbarukan dan ramah lingkungan.

Tahun 2018 ini, juga menjadi peluang besar bagi pertumbuhan industri hilir minyak sawit. Dimana, keberpihakan pemerintah Indonesia akan bahan bakar terbarukan  seperti biodiesel, telah menjadi bagian dari rencana pemerintah akan ketahanan energi nasional. Terlebih, penggunaan biodiesel berbahan baku minyak sawit juga ikut mendukung kekuatan ekonomi nasional.

Betapa tidak, keberadaan bahan bakar minyak (bbm) selama ini, yang bergantung dari pasar impor, secara nyata telah turut menggerus kekuatan ekonomi nasional. Sehingga, ekonomi nasional selalu mengalami defisit perdagangan yang cukup tinggi, setiap terjadi lonjakan harga bbm atau kenaikan nilai kurs dolar Amerika terhadap Rupiah.

Sehingga, keberadaan biodiesel memang menjadi solusi dari kebutuhan ekonomi nasional, dimana kebutuhan bbm nasional akan minyak solar diesel, dapat terpenuhi melalui pasokan biodiesel nasional. Kendati masih terdapat berbagai hambatan akan perdagangannya, namun keberadaan industri biodiesel menjadi bagian dari kebutuhan energi nasional.

Selain itu, industri minyak sawit nasional, juga membutuhkan outlet pasar yang kian besar, guna menampung produksi minyak sawit mentah (CPO) yang ter . . .


. . . untuk selengkapnya dapat di baca di majalah infosawit di infosawit store atau berlangganan.

infosawit