infosawit

Riset Menunjukan Sertifikat RSPO Buka Akses Pasar Petani Swadaya



Riset Menunjukan Sertifikat RSPO Buka Akses Pasar Petani Swadaya

InfoSAWIT, BALI - Merujuk hasil penelitian yang telah dilakukan pada Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Tanjung Sehati di Jambi, menunjukan ada keinginan manjadi mandiri dan mengelola organisasi secara baik dan benar. Hasilnya setelah Gapokta Tanjung Sehati memperoleh sertifkat RSPO muncul dukungan dari pasar. Seperti, pembelian Tandan Buah Segar (TBS) sawit petani yang dibeli langsung oleh perusahaan pengguna minyak sawit, Johnson & Johnson dan Unilever.

Selain petani swadaya itu mampu menerapkan praktik berkelanjutan sesuai P&C RSPO, juga berdampak pada pendapatan keuangan mereka tidak hanya berasal dari produksi sawit, tetapi juga bisa mengembangkan sektor penunjang ekonomi lainnya yang didukung pihak eksternal seperti dari pemerintah, donor dan Yayasan Setara.

“Hal-hal ini bisa membantu Gapoktan mengatasi kelemahan dan ancaman untuk mempertahankan sertifikat RSPO. Sementara bagi Gapoktan yang tidak memiliki sertifikat RSPO memiliki peluang berkembang lebih rendah, lantaran sulitnya akses pasar dan masih ada ketergantungan kepada tengkulak,” tandas Rosyani acara Seminar Internasional Minyak Sawit dan Lingkungan, yang dihadiri InfoSAWIT, belum lama ini. (T2)

Terbit pada Majalah InfoSAWIT edisi Cetak September 2018

 


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit