infosawit

Perusahaan Sawit ANJ Adakan Pelatihan Vokasi untuk Kemajuan Papua Barat



Perusahaan Sawit ANJ Adakan Pelatihan Vokasi untuk Kemajuan Papua Barat

InfoSAWIT, SORONG ? PT Austindo Nusantara Jaya Tbk (ANJ) saat ini sedang mengembangkan pelatihan vokasi untuk operator mill (pabrik) sebagai komitmen membangun sumber daya manusia yang kapabel bagi industri kelapa sawit di Papua Barat.

Kegiatan vokasi ini telah dimulai semenjak Selasa, (2/11/2018) di ANJ Learning Center, Kabupaten Belitung Timur dan akan berlangsung selama lima bulan. Materi program pelatihan dikembangkan secara sistematis dan melibatkan Balai Diklat Industri (BDI) Medan dan Balai Latihan Kerja Industri (BLKI) Sorong sebagai bentuk kerjasama dan dukungan ANJ terhadap Program Pemerintah.

?Pelatihan vokasi ini adalah salah satu perwujudan visi ANJ untuk meningkatkan kehidupan manusia dan alam,? tutur, Direktur PT Permata Putera Mandiri (PPM) dan PT Putera Manunggal Perkasa (PMP), Yoomeidinar, ketika membuka pelatihan, dalam keterangan resmi diterima InfoSAWIT, Selasa (20/11/2018).

Lebih lanjut kata Yoomeidinar, pihaknya berkomitmen membekali masyarakat di sekitar lokasi operasi agar dapat memiliki kemampuan teknis dan budaya kerja yang unggul. Program ini adalah bagian dari proses memenuhi harapan kami dan juga masyarakat agar semakin banyak masyarakat lokal yang terlibat secara langsung dalam operasi perusahaan.

Sekadar catatan proses perekrutan dan penyaringan untuk pendidikan vokasi ini berlangsung selama Januari-April. Dari total 18 peserta pelatihan yang terpilih, 55 persen asli berasal dari Papua, 17 persen dari Sulawesi dan Maluku, dengan 28 persen sisanya adalah suku Jawa kelahiran Sorong.

?Dengan komposisi yang merupakan gabungan dari timur dan barat, setiap peserta bisa saling melengkapi dengan mengambil hal-hal positif dari keragaman budaya Indonesia, sehingga menciptakan perpaduan yang baik,? tutur Yoomeidinar.

Sementara dikatakan salah satu peserta dari suku Iwaro, Kampung Puragi, Markus Maikiae, dirinya sadar bahwa untuk membentuk pribadi menjadi orang yang sukses dengan masa depan yang cerah, harus mulai dengan disiplin dari diri sendiri. (T2)

 


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit