infosawit

2019 Serapan Minyak Sawit (CPO) Untuk Biodiesel Diperkirakan 6 juta ton



2019 Serapan Minyak Sawit (CPO) Untuk Biodiesel Diperkirakan 6 juta ton

InfoSAWIT, JAKARTA - Perluasan mandatori biodiesel 20% (B20) kepada non-PSO sejak diberlakukan September 2018 mulai menampak hasil positif berupa meningkatnya serapan minyak sawit (CPO) di dalam negeri untuk biodiesel sawit.

Dari laporan Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI) yang diterima InfoSAWIT belum lama ini, sebelumnya serapan biodiesel dari Januari – Agustus hanya dikisaran 215 – 290 ribu ton per bulan, sejak September sudah mencapai 400 ribu ton dan pada Oktober ini mencapai 519 ribu ton.

“Pergerakan positif penyerapan CPO untuk biodiesel di dalam negeri tentunya membawa dampak pada stok CPO di dalam negeri. Apalagi saat ini implementasi perluasan B20 belum maksimal, perbaikan di sana sini sedang dilakukan, diharapkan dalam beberapa bulan ke depan serapan biodiesel akan maksimal,” kata Direktur Eksekutif GAPKI, Mukti Sardjono.

Salah satu perbaikan yang sedang dikerjakan adalah menurunkan jumlah titik serah FAME ke Pertamina dari 112 titik ke 25 titik saja. Jika serapan sudah maksimal maka diperkirakan tahun 2019 industri biodiesel akan menyerap 6 juta ton CPO.

Optimisme Indonesia akan menjalankan B30 pada 2020 juga sangat kuat. Awal tahun 2019, roadtest untuk B30 akan dilaksanakan. Dengan serapan CPO yang semakin tinggi di dalam negeri, pasokan ke pasar global akan dapat berkurang. (T2)

 


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit