infosawit

Mencegah Ganoderma, Sawit Hasilkan Laba



Mencegah Ganoderma, Sawit Hasilkan Laba

InfoSAWIT, JAKARTA - Serangan Ganoderma telah berkembang pesat di perkebunan sawit Indonesia, dimana semakin banyak tanaman mati dan produksi tidak dapat diharapkan lagi.

Banyak pengelola perkebunan kelapa sawit ingin mengendalikan penyakit yang berpotensi menggagalkan target produksi ini. Penggunaan agroinput  berbasis kimia dan hayati telah dilakukan untuk mengendalikan

Ganoderma, namun cara ini tetap gagal Perpaduan mikroorganisme serta bahan pendukung yang tidak tepatlah yang mengakibatkan kegagalan dalam menanggulangi Ganoderma selama ini. Maka dari itu untuk mengendalikan Ganoderma harus dilakukan secara  terpadu dengan perencanaan yang benar, sehingga pertumbuhan dan perkembangan Ganoderma menjadi terhambat hingga akhirnya dapat dikendalikan bahkan untuk jangka panjang.

Strategi pengendalian penyakit Ganoderma yang paling baik adalah dengan melakukan pengendalian terpadu yang merupakan kombinasi dari pupuk dan pengendali hayati seperti yang disarankan oleh PKT yaitu pupuk Super MOAF® dan pengendali hayati CHIPS® yang diformulasi spesifik dan khusus sesuai kebutuhan kebun.

Seperti salah satu percobaan yang sudah dilakukan perushaan pendukung perkebunan kelapa sawit, Plantation Key Technology (PKT) Group, pada daerah           Labuhan Batu, Sumatera Utara, dengan jenis tanah PMK, tahun tanam 2011, milik       perusahaan Sawit Swasta.

Pada Mei 2016 diketahui pohon terinfeksi Ganoderma dengan gejala daun menguning, pelepah berpatahan, munculnya 3 daun tombak serta rendahnya produksi yang dihasilkan. Setelah melalui proses analisa dan formulasi oleh PKT, maka pada Juli 2016 diaplikasikan pupuk Super MOAF® untuk suplai hara pohon serta CHIPS® 2.1 untuk pengendalian Ganoderma. Hal ini bertujuan untuk menekan pertumbuhan Ganoderma sehingga meningkatkan peluang hidup kelapa sawit. Pengamatan 4 bulan kemudian, Ganoderma sudah terkendali dimana pertumbuhan akar baru sudah membaik sehingga penyerapan hara menjadi optimal.

Pada Juli 2017 tanaman yang diaplikasikan Super MOAF® dan CHIPS® tumbuh dengan sangat baik. Pemupukan Super MOAF® yang telah dilakukan memperlihatkan perubahan pohon yang lebih membaik seperti warna daun menjadi hijau mengkilap, terbukanya daun tombak serta produksi yang meningkat sepanjang tahun. Hal ini sangat berbanding terbalik dengan kondisi tanaman kontrol yang tidak diaplikasi Super MOAF® dan CHIPS® tersebut, jadi dapat disimpulkan penggunaan CHIPS® dapat mencegah kerugian waktu dan investasi perusahaan perkebunan sawit serta pemupukan Super MOAF® yang dapat meningkatkan produksi.   Untuk informasi lebih lanjut dapat mengakses www.pkt-group.com, atau telp (+62) 821-2000-6888. (T2)

 

Terbit pada Majalah InfoSAWIT edisi Oktober 2018

 


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit