infosawit

Pentingnya Soft Skill Bagi Para Planter Sawit



Pentingnya Soft Skill Bagi Para Planter Sawit

InfoSAWIT, JAKARTA - Pengembangan perkebunan kelapa sawit diyakini kedepan akan tarus berjalan, menyusul masih tingginya permintaan minyak sawit mentah (CPO) di pasar global. Namun demikian, pengembangan perkebunan kelapa sawit bakal dihadapkan beragam masalah, selain isu lingkungan yang patut menjadi perhatian adalah masalah gesekan sosial di lapangan.

Apalagi dalam praktiknya pengembangan perkebunan kelapa sawit tidak semudah membalik telapak tangan. Menurut pengalaman Chief Operation Officer (COO) Bumitama Gunajaya Agro (BGA) Group, Priyanto PS, cara dan proses pengembangan perkebunan kelapa sawit saat ini akan terus mengikuti perkembangan jaman.

Terlebih saat ini masuk masa industri 4.0, yang mana pada masa ini teknologi menjadi sangat dominan dalam setiap lini proses pengembangan industri, tidak terkecuali pada sektor perkebuna kelapa sawit.

Contohnya dengan topografi kebun yang luas serta berbukit pemantauan kebun sangat memungkinkan dilakukan dengan teknologi drone, sehingga waktu pemantauan bisa dilakukan secara cepat dan akurat.

“Dengan topografi berbukit dan infrastuktur yang masih terbatas, kecenderungan penggunaan teknologi seperti drone bisa dilakukan, termasuk untuk menghemat waktu dan kepastian hasil pemantauan,” tutur Priyanto kepada InfoSAWIT, belum lama ini di Jakarta.

Selain penggunaan teknologi, kebutuhan tersedianya sinyal untuk smartphone di perkebunan kelapa sawit juga menjadi hal lain yang sangat penting, apalagi smartphone telah menjadi kebutuhan primer bagi hampir setiap orang. Selain untuk alat komunikasi kini smartphone dengan beragam platfrom menawarkan berbagai teknologi, seperti Global Positioning System (GPS) dan platform lainnya yang berguna dalam membantu proses budidaya di perkebunan kelapa sawit.

Kendati sudah didukung dengan teknologi yang cukup maju, tutur Priyanto, terkadang masih banyak planters lupa bahwa dalam mengembangkan perkebunan kelapa sawit pada setiap diri planters juga harus dibekali dengan soft skill yang mumpuni. (T2)


(Lebih lengkap baca Majalah InfoSAWIT Edisi November 2018)

 


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit