infosawit

Fadhil Hasan: Teruskan, Kembangkan, dan Perkuat Sawit



Fadhil Hasan: Teruskan, Kembangkan, dan Perkuat Sawit

InfoSAWIT, JAKARTA - Setelah sekitar sewindu sibuk sebagai Direktur Eksekutif Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI), kini M Fadhil Hasan beralih menjadi salah satu praktisi di perusahaan perkebunan kelapa sawit besar di Indonesia.

Tentu saja keputusan itu diambil dengan perhitungan matang dan tidak gegabah, lantaran kata Fadhil yang kini menjabat sebagai Direktur Coporate Affairs Asian Agri, dirinya merasa telah cukup mengurusi asosiasi pelaku sawit, dan memantapkan diri untuk saatnya melakoni peran yang baru, dan diyakini bisa memberikan pengalaman anyar.

Disadari Fadhil, peran barunya ini memiliki beberapa perbedaan ketimbang sewaktu masih di asosiasi, kendati perbedaan itu tidak begitu dominan sebab ada pula pekerjaan yang sifatnya agak mirip.

Misalnya saat di asosiasi, dirinya lebih banyak melakukan peran dan fungsi advokasi yang menyeluruh untuk kepentingan industri dengan pihak pemerintah, menjalin networking dan kegiatan lainnya. “Sehingga suara asosiasi bisa didengar dan diperhatikan,” katanya kepada InfoSAWIT belum lama ini di Jakarta.

Nah, setelah bergabung dengan Asian Agri, tutur Fadhil, kini kegiatan menyuarakan kepentingan kelapa sawit tetap dilakukan, hanya saja kini sifatnya lebih khusus lantaran lebih banyak dituntut untuk bisa memberikan kontribusi ke perusahaan, mendongkrak nilai tambah perusahaan sehingga harapannya bisa menggenjot profit.

Asian Agri dianggap Fadhil merupakan salah satu perusahaan perkebunan kelapa sawit yang sudah establish, atau matang di sektornya. Alasannya perusahaan ini telah dibangun semenjak era tahun 1980an. Sehingga kedepan dalam upaya mengembangkan perusahaan akan lebih  fokus pada memelihara yang sudah dilakukan, meningkatkan dan memperluas network di perusahaan.

Saat ini ada tiga pilar yang melekat dan menjadi arah kebijakan perusahaan yakni, pertama, membentuk perusahaan dengan menjadikan kemitraan sebagai bisnis modelnya.

Kedua, perusahaan memiliki komitmen tinggi terhadap sustainability practices dan ketiga mendorong sebagai perusahaan yang efisien. “Tiga pilar inilah akan kita teruskan, kembangkan, dan diperkuat,” kata Fadhil yang sempat menjabat sebagai Direktur Eksekutif INDEF pada peridoe 2004-2008. (T2)

 

Terbit pada Majalah InfoSAWIT Edisi Desember 2017

 


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit