infosawit

Harga Minyak Sawit Global Rendah Tak Dongkrak Permintaan



Harga Minyak Sawit Global Rendah Tak Dongkrak Permintaan

InfoSAWIT, JAKARTA - Harga CPO global kembali terjerembab pada November 2018 dengan harga rata-rata US$ 473,6 per metrik ton. Harga ini merupakan harga terendah sejak Juli 2006. Melimpahnya stok minyak nabati global seperti sawit, kedelai, biji bunga matahari dan rapeseed menyebabkan harga minyak nabati global turun. Keadaan juga diperparah dengan lemahnya permintaan pasar global, sehingga harga masih akan sulit terangkat.

Merujuk informasi yang didapat InfoSAWIT dari Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI), Senin (7/1/2019), sepanjang November 2018 kinerja ekspor minyak sawit Indonesia juga mengalami penurunan. Harga yang rendah tidak serta merta mendongkrak pembelian oleh negara-negara pengimpor minyak sawit. Volume ekspor minyak sawit Indonesia (CPO dan turunannya, oleokimia dan biodiesel) membukukan penurunan 4% dibandingkan dengan bulan sebelumnya atau dari 3,35 juta ton turun menjadi 3,22 juta ton.

Khusus volume ekspor CPO, PKO dan turunannya saja (tidak termasuk oleokimia dan biodiesel) mencapai 2,99 juta ton atau turun 5% dibandingkan pada Oktober lalu yang membukuan 3,14 juta ton. Dari total ekspor 2,99 juta ton ini terdiri dari CPO sebanyak 866,19 ribu ton atau 29% dari total ekspor, sedangkan sisanya 2,13 juta ton (71% dari total ekspor) adalah produk turunan dari CPO. (T2)

 


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit