infosawit

Kemarin Pasar Berjangka Sawit Malaysia Turun 1%



Kemarin Pasar Berjangka Sawit Malaysia Turun 1%

InfoSAWIT, KUALA LUMPUR Pasar berjangka (futures) minyak sawit Malaysia tercatat turun lebih dari 1% pada hari Selasa (29/1/019) kemarin, melorot dari kenaikan tajam sesi sebelumnya ini ditengarai akibat adanya pelemahan pasar minyak kedelai di Chicago soyoil dan minyak mentah.

Kontrak patokan minyak sawit untuk pengiriman April di Bursa Malaysia Derivatives Exchange dibuka stabil disekitar RM 2.327/ton dan turun 1,2% pada RM2.300 (US $ 559,47) per ton pada tengah hari. Ditulis theedgemarkets.com, volume perdagangan masing-masing mencapai 16.225 lot 25 ton.

Minyak kelapa sawit berjangka naik untuk sesi keenam dalam tujuh pada hari Senin lalu dan mencapai tertinggi dalam hampir tujuh bulan, mengikuti kekuatan di minyak nabati terkait. "Pasar overbought, jadi kejatuhannya tidak mengejutkan," kata seorang pedagang yang berbasis di Kuala Lumpur.

Harga soyoil di Chicago Board of Trade turun untuk sesi kedua berturut-turut pada hari Selasa dengan kekhawatiran atas meningkatnya ketegangan perdagangan AS-Cina dan peningkatan cuaca di Brasil yang bakal membebani pasar. Kontrak minyak kedelai Chicago Maret turun 0,6%. "Ada kekurangan katalis baru dan pasar juga mempertimbangkan keuntungan yang lebih rendah di pasar minyak mentah," kata pedagang berjangka lainnya dari Kuala Lumpur. (T)


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit