infosawit

Kaltim Didorong Jadi Penghasil Biodiesel Sawit



Kaltim Didorong Jadi Penghasil Biodiesel Sawit

InfoSAWIT, SAMARINDA – Dikatakan Ketua Umum Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI), Joko Supriyono, menjadi sangat penting bagi Kalimantan Timur untuk bisa menjadi produsen biodiesel sawit.

Untuk bisa mewujudkan hal ini, kata Joko harus bisa diperjuangkan, apalagi pengembangan perkebunan  kelapa sawit di Benua Etam ini terus tumbuh berkembang dan meningkat cukup signifikan.

Oleh sebab itu hasil industri perkebunan kelapa sawit tidak hanya diolah menjadi minyak sawit mentah (CPO) dan biodiesel sawit. “Hilirisasi sawit itu macam-macam. Ada puluhan bahkan ratusan produk. Tidak bisa sekaligus dilakukan tapi lihat pasar dan kebutuhan," ungkap Joko, pada Musyawarah Cabang V GAPKI di Hotel Midtown Samarinda, belum lama ini dalam keterangan resmi diterima InfoSAWIT.

Diakui Joko, Kaltim selama ini memiliki konribusi besar bagi penghasil minyak sawit mentah, maka membuat kebijakan agar industri biodiesel yang selama ini dominan berada di bagian barat Indonesia harus diarahkan ke bagian Timur. "Industri biodiesel harus ada di sini. Pabrik biodiesel itu harus dikembangkan di Kaltim untuk menyuplai wilayah timur bahkan nasional dan global," tandas Joko. (T2)


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit