infosawit

Petani UD Lestari Mendulang Untung Dari Kebun Sawit Bersertifikat RSPO



Petani UD Lestari Mendulang Untung Dari Kebun Sawit Bersertifikat RSPO

InfoSAWIT, BANDA ACEH – Manfaat dari bertumbuhnya perkebunan kelapa sawit, tidak sekedar hanya dirasakan oleh perusahaan perkebunan kelapa sawit saja. Sebab faktanya, bertumbuhnya perkebunan kelapa sawit juga dirasakan manfaatnya oleh masyarakat secara luas.

Kendati awalnya saat hendak mengikuti penerapan budidaya perkebunan kelapa sawit sesuai kaidah lingkungan dengan penuh curiga, namun akhirnya kecurigaan itu tidak terbukti. Justru dengan menerapkan praktik budidaya kelapa sawit secara berkelanjutan sejak tahun 2011 lalu, kelompok tani di daerah Simalungun, Sumatera Utara, yang tergabung dalam UD Lestari, mulai mendatangkan manfaat.

Pada 2017 lalu petani kelapa sawit yang menjadi anggota UD Lestari telah mampu memperoleh sertifikat minyak sawit berkelanjutan dari Roundtable on Sustainable Palm Oil (RSPO). Bahkan para petani pun telah memperoleh manfaat dengan adanya pencairan dana premium sertifikat yang mereka miliki.

"Alhamdulillah pada tahun 2018 lalu, petani kami mendapatkan bonus dari harga premium buah sawit yang kebunnya sudah tersertifikat RSPO," ungkap perwakilan petani sawit UD Lestari, Jumadi, kepada InfoSAWIT, Rabu (13/2/2019) di Banda Aceh.

Keberadaan RSPO ditengah karut marut harga akibat rendahnya harga jual buah sawit pada tahun 2018 lalu, setidaknya mampu menambah pendapatan bagi petani kelapa sawit yang terlibat RSPO.

"Kami harapkan pada tahun 2020 nantinya, kelompok petani sekitar kami mau ikut terlibat aktif bersama-sama guna sertifikasi RSPO. Target kami 800 petani akan ikut serta dalam proses sertifikasi RSPO nantinya," tandas Jumadi. (T1)

 


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit