infosawit

Minyak Sawit Berkelanjutan Menjaga Eksistensi Indonesia di Pasar Global



Direktur Roundtable on Sustainable Palm Oil (RSPO) Indonesia, Tiur Rumondang
Minyak Sawit Berkelanjutan Menjaga Eksistensi Indonesia di Pasar Global

InfoSAWIT, BANDA ACEH – Dikatakan Direktur Roundtable on Sustainable Palm Oil (RSPO) Indonesia, Tiur Rumondang mengungkapkan, penting bagi semua pihak untuk menyadari bahwa keberlanjutan dari komoditas kelapa sawit ini sangat strategis bagi Indonesia untuk menjaga eksistensinya di pasar global minyak sawit (CPO) sebagai produsen terbesar CPO bersertifikasi RSPO.

Lebih lanjut kata Tiur, penerapan praktik produksi minyak sawit yang berkelanjutan meningkatkan produktivitas minyak kelapa sawit dan memberikan akses pasar lebih uas bagi petani dan perkebunan. “Memastikan hak pekerja dan masyarakat sekitar terpenuhi sambil menjaga ketersediaan jangka panjang komoditas ini yang berkontribusi bagi pembangunan ekonomi Indonesia,” katanya kepada InfoSAWIT pada acara seminar sehari bertajuk “Memperkuat Keberlanjutan Rantai Pasok Kelapa Sawit di Indonesia” di Banda Aceh, Rabu (13/2/2019).

Acara yang diadakan RSPO di Aceh ini merupakan bagian dari kegiatan roadshow RSPO ke berbagai provinsi di Indonesia dimana Aceh merupakan provinsi ke-8 setelah Jambi, Riau, Kalimantan Timur dan Kalimantan Tengah. “Untuk mencapai industri kelapa sawit yang berkelanjutan membutuhkan keterlibatan aktif semua pihak. Oleh karena itu kami memulai kegiatan roadshow ke provinsi-provinsi dengan potensi pertumbuhan kelapa sawit,” katanya.

Di dalam rangkaian kegiatan ini pihak RSPO akan bertemu dengan berbagai pemangku kepentingan termasuk perwakilan pemerintah daerah terkait, perusahaan, dan petani. Termasuk melakukan dialog dengan teman-teman dari lembaga swadaya masyarakat serta melaksanakan kuliah umum untuk mengenalkan isu dan konsep produksi minyak sawit berkelanjutan kepada para mahasiswa. (T1)

 

Tentang RSPO: www.rspo.org

Sebagai respon terhadap tekanan global yang mendesak terhadap produksi minyak sawit berkelanjutan, Roundtable on Sustainable Palm Oil (RSPO) dibentuk pada tahun 2004 dengan tujuan untuk mempromosikan pertumbuhan dan penggunaan produk minyak sawit berkelanjutan melalui standar global yang kredibel dan dengan melibatkan berbagai pemangku kepentingan. RSPO terdaftar di Zurich, Swiss, dengan kantor sekretariat berada di Kuala Lumpur dan kantor perwakilan di Jakarta, London dan Beijing.

RSPO merupakan asosiasi nirlaba yang mempersatukan berbagai pemangku kepentingan dari tujuh sektor di industri minyak sawit – yakni produsen kelapa sawit, pengolah atau pedagang minyak sawit, produsen barang-barang konsumen, pengecer, bank dan investor, serta Lembaga Swadaya Masyarakat di bidang konservasi lingkungan dan sosial - untuk mengembangkan dan menerapkan standar global untuk minyak sawit berkelanjutan.

 


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit