infosawit

BERSAMA PETANI TENERA, HASILKAN MINYAK SAWIT BERKELANJUTAN



BERSAMA PETANI TENERA, HASILKAN MINYAK SAWIT BERKELANJUTAN

MINYAK SAWIT BERKELANJUTAN, TELAH MENJADI SALAH SATU SYARAT UTAMA DALAM PERDAGANGAN MINYAK SAWIT DI PASAR GLOBAL. KEBERADAAN MINYAK SAWIT BERKELANJUTAN, JUGA MERUPAKAN BAGIAN PENTING DARI TERWUJUDNYA KOMITMEN BERKELANJUTAN YANG DILAKUKAN PERUSAHAAN PERKEBUNAN KELAPA SAWIT DI INDONESIA.TERMASUK KOMITMEN KETELURUSAN (TRACEABILITY) BUAH YANG DIPASOK OLEH PETANI LOKAL.

Grup Bumitama Gunajaya Agro (Grup BGA), sebagai kelompok usaha yang bergerak di bidang perkebunan kelapa sawit, berupaya mewujudkan komitmennya akan keberlanjutan. Komitmen tersebut terlihat dari bentuk kerjasama antara Grup BGA dengan Kelompok Tani Tenera , yang telah berhasil mendapatkan sertifikasi RSPO.

Sebagai informasi, RSPO (Roundtable on Sustainable Palm Oil) merupakan organisasi nirlaba internasional yang memiliki komitmen akan keberadaan minyak sawit berkelanjutan. Keberadaan RSPO akan minyak sawit berkelanjutan, dibuktikan melalui kepatuhan akan prinsip dan kriteria minyak sawit berkelanjutan.

Menurut Direktur RSPO Indonesia, Tiur Rumondang, keberhasilan Kelompok Tani Tenera mendapatkan sertifikat RSPO, merupakan hasil kerja keras bersama antara perusahaan perkebunan kelapa sawit Grup BGA dan Kelompok Tani Tenera sendiri. Dimana, upaya bersama yang dilakukan secara nyata, diharapkan buah yang dipasok mampu menghasilkan minyak sawit berkelanjutan berlandaskan prinsip dan kriteria yang disyaratkan RSPO.

“Keberhasilan kelompok tani Tenera dalam mengimplementasikan prinsip dan kriteria berkelanjutan ini  terlihat dari hasil audit yang dilakukan oleh lembaga sertifikasi Mutu Certification, sebagai lembaga independen yang bertugas melakukan audit untuk RSPO,” kata Tiur menjelaskan kepada InfoSAWIT baru-baru ini.

Menurutnya, keberhasilan yang mampu diraih kelompok tani Tenera,  . . . .


. . . untuk selengkapnya dapat di baca di majalah infosawit di infosawit store atau berlangganan.

infosawit