infosawit

TURUNNYA HARGA CPO JADI MOMENTUM KEBANGKITAN HILIR



TURUNNYA HARGA CPO JADI MOMENTUM KEBANGKITAN HILIR

TERJADINYA PENURUNAN HARGA JUAL MINYAK SAWIT MENTAH (CPO) DI PASAR INTERNASIONAL BARU-BARU INI, SEHARUSNYA MENJADI MOMENTUM BAGI PEMERINTAH INDONESIA, GUNA MENDORONG PEMBANGUNAN INDUSTRI HILIR DI INDONESIA. PASALNYA, PASAR DOMESTIK CPO YANG BERTUMBUH, JUGA DIBUTUHKAN INDUSTRI HULU, GUNA MENOPANG PERMINTAAN PASAR AKAN PRODUK CPO YANG DIHASILKANNYA.

Tentu saja keberadaan CPO menjadi kian penting, tatkala permintaan pasar yang membutuhkannya selalu bertumbuh. Kendati pasar internasional mengalami penurunan permintaan, namun bila pembangunan industri hilir nasional terus berlanjut, maka keberadaan industri minyak sawit secara holistik akan terus berkembang.

Sebab itu, dibutuhkan dukungan Pemerintah Indonesia, secara regulasi, guna mendorong terciptanya peluang bagi pasar industri hilir nasional. Melalui keberadaan pasar domestik, maka industri turunan CPO akan mengikuti kebijakan pemerintah, guna memasok kebutuhan produk yang di inginkan masyarakat luas yang berasal dari pasar domestik.

Peluang pasar domestik untuk bertumbuh, memang terbuka lebar, dimana keberadaan konsumsi masyarakat yang meningkat, menjadi peluang usaha bagi industri turunan CPO. Sejalan dengan itu, keberadaan teknologi terbarukan juga sudah mulai banyak tersedia. Sehingga, kebutuhan industri turunan CPO, semata-mata dari keberadaan bahan bakunya.

Bila bahan baku yang berasal dari CPO tersedia, maka . . . .


. . . untuk selengkapnya dapat di baca di majalah infosawit di infosawit store atau berlangganan.

infosawit