infosawit

PERKUAT REGULASI HARGA JUAL TBS PETANI



PERKUAT REGULASI HARGA JUAL TBS PETANI

SEIRING BERJALANNYA WAKTU, PERMINTAAN PASAR DUNIA TERHADAP MINYAK NABATI SELALU MENINGKAT. PERMINTAAN PASAR DUNIA INI, BERTUMBUH DARI KONSUMSI MASYARAKAT DUNIA, YANG MEMBUTUHKAN MINYAK NABATI SEBAGAI BAGIAN DARI KEHIDUPAN SEHARI-HARINYA. PENINGKATAN KONSUMSI MINYAK NABATI DUNIA, HANYA DAPAT TERPENUHI, MELALUI PRODUKSI MINYAK SAWIT YANG BERSUMBER DARI INDONESIA.

Ketimpangan konsumsi dan produksi minyak nabati di dunia, memang menjadi persoalan klasik yang selalu timbul di dunia. Lantaran, peningkatan konsumsi selalu bertumbuh diatas 10% setiap tahunnya, sedangkan produksi hanya berkisar 6% tiap tahun bertumbuh. Adanya selisih peningkatan pertumbuhan dan permintaan itulah, yang sering menjadi penyebab naiknya harga komoditi minyak nabati.

Kondisi terbalik juga bisa terjadi pada pasar minyak nabati, sering disebut sebagai siklus 10 tahunan, produksi minyak nabati bisa juga berlebih hingga mendekati permintaan ditahun berjalan. Seperti yang terjadi ditahun 2018 ini, dimana keberadaan produksi minyak nabati termasuk minyak sawit, yang produksi nya berlimpah, sehingga menyebabkan harga komoditas turun.

Bagi pelaku usaha minyak sawit, kondisi tahun 2018 ini, sebenarnya sudah diantisipasi sejak jauh-jauh hari. Namun, kerugian besar akibat menurunnya harga komoditas, memang dirasakan para pedagang, terlebih pedagang besar. Pasalnya, harga menurun hampir terjadi setiap saat, sedangkan posisi pembelian produk minyak sawit mentah (CPO) dan turunannya, mengikuti kesepakatan . . ..


. . . untuk selengkapnya dapat di baca di majalah infosawit di infosawit store atau berlangganan.

infosawit