infosawit

SERIBU JURUS MEMPERKUAT HARGA CPO



SERIBU JURUS MEMPERKUAT HARGA CPO

Keberadaan bisnis minyak sawit, memang tak bisa lepas dari bisnis global minyak nabati. Berbagai persoalan klasik yang kerap menghimpit, tetap menjadi daya juang bagi minyak sawit supaya tetap melicin. Keterpurukan harga CPO di pasar internasional, memang berimbas negatif terhadap menurunnya kesejahteraan pelaku perkebunan, utamanya petani kelapa sawit.

Turunnya harga jual minyak sawit mentah (CPO), hingga harga jual Tandan Buah Segar (TBS), hasil panen petani kelapa sawit akhir-akhir ini, memang menjadi persoalan klasik yang tak pernah berhenti. Perkebunan kelapa sawit sebagai muara penghasil TBS, yang dikelola perusahaan perkebunan dan petani kelapa sawit memang kian terpuruk akibat rendahnya harga jual TBS.

Kendati perkebunan kelapa sawit kerap didera cuaca dan iklim, yang mengakibatkan turunnya hasil panen produksi. Perkebunan kelapa sawit juga sering dilanda siklus pesatnya kenaikan harga sekaligus kejatuhan harga jual TBS. Lantaran, sebagai bagian dari komoditas internasional, CPO dan minyak kernel (CPKO) menjadi bagian dari produk yang mempengaruhi suplai dan permintaan minyak nabati dunia.

Tingginya produktivitas hasil panen dengan penggunaan areal lahan perkebunan yang paling sedikit, memang menjadi keunggulan utama dari perkebunan kelapa sawit. Sehingga tak mengherankan, hanya dalam waktu singkat, CPO dan CPKO mampu menjadi komoditas unggulan  . . . .

 


. . . untuk selengkapnya dapat di baca di majalah infosawit di infosawit store atau berlangganan.

infosawit