infosawit

Pendapatan Sawit IndoAgri Melorot



Pendapatan Sawit IndoAgri Melorot

InfoSAWIT, SINGAPURA - IndoAgri ("Grup") perusahaan terintegrasi perkebunan, perkebunan kelapa sawit dan produsen minyak goreng sawit, serta terdaftar di Bursa Singapura (SGX), melaporkan kinerj perusahaan yang sampai akhir 2018 kurang menggemberikan. Ini dikarenakan adanya penurunan penjualan dan laba di Divisi Perkebunan yang timbul dari harga komoditas yang terus lemah. Kendati ada penurunan, namun sebagian diimbangi oleh kinerja yang kuat pada Divisi Minyak Goreng & Lemak (EOF).

Dalam keterangan resmi diterima InfoSAWIT, belum lama ini. Meskipun produksi kelapa sawit lebih tinggi, pendapatan sektor perkabunan sampai akhir tahun 2018 memiliki nilai yang kurang baik, ini terjadi akibat lemahnya harga jual rata-rata tanaman pertanian.

Laba kotor Grup untuk kuarta IV 2018 dan sepanjang tahun 2018 masing-masing turun 42% dan 28% terutama karena pengaruh harga jual produk sawit yang lebih rendah. Selain kinerja Divisi Perkebunan yang lemah, hasil kuartal IV 2018 dan sepanjang tahun 2018 juga dipengaruhi oleh dampak yang timbul dari kombinasi bisnis di bawah pengendalian bersama menggunakan nilai buku, bukan nilai wajar, serta hasil usaha patungan yang lebih rendah dan hilangnya nilai wajar pada aset biologis yang timbul dari rendah harga komoditas.

Dalam catatan IndoAgri melaporkan rugi bersih setelah pajak sebesar Rp 362 miliar pada kuartal IV 2018 dan sebanyak Rp 427 miliar untuk periode sepanjang tahun 2018 dibandingkan dengan laba pada tahun lalu. Kerugian inti adalah Rp 186 miliar pada tahun 2018 dibandingkan laba inti sebesar Rp 657 miliar pada tahun lalu.

“Sepanjang tahun 2018 produksi TBS sawit inti dan produksi CPO masing-masing tumbuh 9% menjadi 3.375.000 ton dan 921.000 ton. Sejalan dengan peningkatan produksi TBS, kami memperluas kapasitas pabrik dengan satu pabrik kelapa sawit 45 ton TBS / jam baru yang akan selesai pada tahun 2019, “ Direktur Eksekutif IndoAgri, Mark Wakeford. (T2)

 


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit