infosawit

Pelaku Sawit Komit Jaga Lingkungan dan No Deforestasi



Pelaku Sawit Komit Jaga Lingkungan dan No Deforestasi

InfoSAWIT, KOTA KINABALU - Sesuai dengan ketentuan International Social and Environmental Accreditation and Labelling Alliance (ISEAL), dimana Roundtabel on Sustainable Palm Oil (RSPO) menjadi salah satu anggotanya, P&C RSPO sawit akan selalu dilakukan peninjauan ulang setiap lima tahun sekali. Cara demikian pula dilakukan untuk mensinergikan P&C RSPO sebagai landasan utama bagi para anggota RSPO dalam menerapkan komitmen minyak sawit berkelanjutannya, dengan kebijakan terkait pengembangan perkebunan kelapa sawit di negara masing-masing.

Dari informasi yang didapat InfoSAWIT, draft P&C RSPO versi 2018 telah disepakati pada General Assembly (GA) ke 15 untuk menerapkan Prinsip dan Kriteria (P&C) RSPO versi 2018, yang mana dalam kebijakan ini bakal mengadopsi tujuan bersama untuk memperkuat pembangunan sosial, perlindungan lingkungan, dan kemakmuran ekonomi di seluruh rantai nilai minyak sawit berkelanjutan.

Proses peninjauan P&C RSPO versi 2013 ini sejatinya telah dilakukan secara kolaboratif  oleh multi-pihak, dimana sebelumnya pada Februari 2018 lalu, seluruh acuan dan elemen yang akan di tinjau dalam P&C RSPO telah disetujui oleh pihak Dewan Gubernur RSPO, termasuk menentukan Steering Group (SG).

Proses peninjauan ini juga menghasilkan pengembangan selanjutnya dari standar tambahan dan terpisah khusus untuk pekebun sawit swadaya, yang akan diratifikasi pada November 2019 mendatang.

Chief Executive Officer RSPO, Datuk Darrel Webber, menyambut baik disahkannya standar P&C versi 2018 secara konsensus, menyusul adanya beberapa kebijakan yang mengadopsi beberapa elemen baru, semisal tidak ada deforestasi melalui penerapan Pendekatan Stok Karbon Tinggi.

“Kami mendukung agenda universal, transformatif, dan terintegrasi, yang dimaksudkan untuk memperkuat transparansi dan inklusivitas dalam sistem RSPO, meningkatkan penerapan standar RSPO, meningkatkan serapan pasar minyak sawit berkelanjutan,” katanya. (T2)

 


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit