infosawit

Kenaikan Harga Minyak Sawit Masih Fluktuatif



Kenaikan Harga Minyak Sawit Masih Fluktuatif

InfoSAWIT, KUALA LUMPUR – Pengamat Independen Pertanian dan Kebijakan, G Chandrashekhar, berpendapat bahwa sementara ada potensi kenaikan harga CPO untuk tiga bulan ke depan, itu masih beum bisa dipastikan.

Chandrashekhar mengatakan harga CPO untuk tiga bulan yang berakhir Juni tahun ini seharusnya harga rata-rata minyak sawit bisa mencapai RM 2.300 per ton karena faktor musiman, tetapi dengan pertimbangan beberapa faktor harga minyak sawit bisa saja hanya akan mencapai RM2.250 per ton pada paruh kedua di 2019.

"Ini terutama karena pasokan tambahan yang akan datang disaat permintaan pasar tetap, dan ketika harga minyak mentah (Brent) turun," katanya saat menjadi pembcara pada acara Palm & Lauric Oils Price Outlook Conference & Exhibition 2019, seperti di kutip The Edge Markets.

Lebih lanjut kata Chandrashekhar, diperkirakan harga minyak mentah Brent akan berangsur-angsur melemah menjadi US$ 60 dan mungkin bisa turun menjadi US$ 55 per barel menjelang akhir tahun, ini terjadi lantaran tekanan pasokan yang besar dan kemungkinan melemahnya permintaan pada paruh kedua tahun ini karena kekhawatiran pertumbuhan global.

“Sementara untuk penutupan pada bursa kontrak patokan minyak sawit untuk pengiriman Mei diperdagangkan lebih rendah RM 4 menjadi sekitar RM 2,157 per ton,” tandas dia. (T2)

 


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit