infosawit

LINKS – Dhanista Surya Nusantara Sepakat Kerjasama Tingkatkan Praktik Perkebunan Kelapa Sawit Berkelanjutan



LINKS – Dhanista Surya Nusantara Sepakat Kerjasama Tingkatkan Praktik Perkebunan Kelapa Sawit Berkelanjutan

InfoSAWIT, JAKARTA - Lingkar Komunitas Sawit (LINKS) dan perusahaan perkebunan kelapa sawit, PT. Dhanistha Surya Nusantara (DSN), menandatangani kesepakatan kerjasama Sustainability Improvement Collaboration Program. Kerja sama ini merupakan bagian dari implementasi komitmen manajemen DSN untuk melakukan improvement pada implementasi maupun monitoring dari aspek-aspek kebijakan sustainability di anak-anak perusahaan perkebunan kelapa sawit nya.

Dikatakan Managing Director DSN, Tan Tian Sang dalam sambutannya mengungkapkan, kolaborasi antara DSN dengan LINKS didasari atas kesamaan sudut pandang terutama dalam mencari solusi permasalahan perkebunan kelapa sawit. LINKS merupakan mitra kerjasama yang baik dalam melihat aspek sosial perkebunan, namun juga memiliki pemahaman dalam konteks agronomi. Sehingga, pengelolaan operasional perkebunan sebagai suatu bisnis ekonomi dapat sejalan dengan pengelolaan aspek sosial perkebunan.

“Kerjasama Sustainability Improvement Collaboration Program antara DSN dan LINKS diharapkan dapat menghasilkan praktik-praktik baik dalam pengelolaan perkebunan sawit secara berkelanjutan. Selain itu, melalui kerjasama ini pula DSN dan LINKS secara bersama akan membangun landasan sustainability bagi DSN dalam pengelolaan perkebunan sawitnya,” katanya, dalam keterangan resmi diterima InfoSAWIT, belum lama ini.

Untuk mewujudkan pengelolaan perkebunan berkelanjutan tersebut, menurut Tan Tian Sang, DSN membutuhkan model-model pendekatan baru dalam membangun landasan pengelolaan perkebunan yang baik. Pendekatan baru yang tidak hanya melihat sisi profit dari produksi perkebunan, tapi juga turut membangun kondisi sosial yang kondusif. “Karena itu, DSN bermitra dengan LINKS, agar pihaknya mendapatkan asistensi dalam membangun landasan pengelolaan kebun yang baik, termasuk dalam mendesain model dan strategi pelaksanaan pengelolaan perkebunan yang berkelanjutan,” katanya.

Sementara dituturkan, Ketua Badan Pengurus LINKS, Rudy R. Lumuru, menyambut baik apa yang menjadi perhatian pihak DSN dalam menghasilkan praktik pengelolaan perkebunan kelapa sawit yang baik.

Lebih lanjut tutur Rudy, pasar dari bisnis perkebunan kelapa sawit selalu menuntut adanya perbaikan terus menerus. Beberapa aturan pasar yang berlaku pun seringkali berselisihan dengan regulasi yang ditetapkan di Indonesia. Sehingga, diperlukan pendekatan pengelolaan perkebunan yang dapat menjembati gap yang ada yaitu mampu memenuhi permintaan pasar khususnya terkait isu sustainability namun sejalan dengan regulasi yang ada di Indonesia. “Untuk itu, LINKS dan DSN saling berkolaborasi dalam program kerjasama ini agar secara bersama-sama dapat melakukan peningkatan produksi yang sejalan dengan prinsip-prinsip keberlanjutan,” kata Rudy.

Kemitraan strategis antara LINKS dan DSN ini, tutur Rudy, merupakan kesempatan untuk melaksanakan visi dan misi organisasinya. Melalui kerjasama ini, LINKS dapat membantu mengkonstruksi sebuah model dan strategi pengelolaan sosial yang sehat agar mampu mendorong terwujudnya kesetaraan sosial dan ekonomi diantara manajemen perusahaan, karyawan dan masyarakat disekitarnya. “Kerjasama ini juga menjadi bagian dari upaya memberikan praktik baik pengelolaan perkebunan sawit sebagai contoh bagi masyarakat luas. Karena itu, LINKS menyambut baik kerjasama tersebut,” tandas Rudy. (T1)

 

 


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit