infosawit

Dasar Penghapusan Biodiesel Sawit Oleh Uni Eropa Cacat Ilmiah



Dasar Penghapusan Biodiesel Sawit Oleh Uni Eropa Cacat Ilmiah

InfoSAWIT, JAKARTA – Belum lama ini negera-negara yang tergabung dalam Uni Eropa mulai menerapkan kebjakan untuk menghentikan penggunaan bahan bakar biodiesel berbasis minyak sawit dengan alasan perkebunan kelapa sawit di proses dengan cara yang tidak berkelanjutan atau merusak lingkungan dan penyebab teradikanya kerusakan hutan (deforestasi).

Dikatakan kata Mehendra, pihak Uni Eropa telah gagal dalam mendukung upaya besar yang dilakukan untuk tetap mendorong perkebunan kelapa sawit berkelanjutan. “Kebijakan tersebut menjadi upaya mengisolasi minyak sawit dari minyak nabati lainnya. Lantas secara fakta dasar kebijakan yang diambil cenderung cacat secara ilmiah, lantaran belum secara tuntas melihat perkebunan kelapa sawit yang dikelola petani dengan luasan rata-rata 2 ha,” katanya dalam keterangan resmi diterima InfoSAWIT belum lama ini.

Pihak Uni Eropa menganggap kebijakan tersebut tidak melanggar aturan WTO, lantaran minyak sawit untuk biofuel dapat diimpor secara bebas namun belum memiliki target untuk menghasilkan energi terbarukan ramah lingkungan.

“Menyatakan bahwa minyak kelapa sawit tidak berkelanjutan dengan ILUC tinggi sepenuhnya tidak dapat diterima,” tandas Mahendra. (T2)

 


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit