infosawit

Sudut Pandang Media tentang Sawit Masih Perlu Dibenahi



Sudut Pandang Media tentang Sawit Masih Perlu Dibenahi

InfoSAWIT, JAKARTA - Anggota Dewan Pers, Agus Sudibyo melihat bahwa sudut pandang berbagai media di Indonesia dalam mengelola kepentingan nasional masih harus dibenahi.

“Dibandingkan dengan negara tetangga, misalnya Thailand, mereka lebih siap mengelola pemberitaan ketika ada kegentingan dalam negeri. Benar bahwa kebebasan pers tidak berdiri sendiri dan juga tidak perlu menutupi fakta. Namun harus juga mempertimbangkan dampak terhadap kemakmuran publik, kemiskinan, kesejahteraan bersama, serta hak asasi manusia, “ ungkap Agus, dalam keterangan resmi kepada InfoSAWIT belum lama ini.

Sebab itu pada minggu lalu Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) menggelar seminar untuk mengeratkan kerjasama maupun kolaborasi dengan para pelaku industri - diwakili Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI) - sebagai langkah jangka panjang dan strategis. Sejalan dengan misi yang diembannya, PWI memiliki peran strategis untuk turut mendukung dan meningkatkan perekonomian Indonesia. Begitu juga peran industri kelapa sawit karena banyak memberikan kontribusinya kepada masyarakat dan negara.

Kesalingpahaman antar keduanya menjadi kunci kemajuan bersama. Media atau wartawan memahami industri ini dan sebaliknya, industri juga paham akan peranan pers dalam membangun Indonesia. (T2)

 


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit