infosawit

Komitmen BPDP-KS Terapkan Peremajaan Sawit Rakyat Jelas



Komitmen BPDP-KS Terapkan Peremajaan Sawit Rakyat Jelas

InfoSAWIT, JAKARTA - Komitmen Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDP-KS) sangat jelas.

Direktur Utama BPDP-KS, Dono Bosetami mengatakan, untuk mendapatkan bantuan dana BPDP-KS untuk peremajaan sawit rakyat, petani swadaya bisa mengajukan secara berkelompok - minimal dengan  lahan seluas 50 hektar (ha), lahan tidak dalam sengketa, dan memiliki kartu identitas kependudukan (KTP) dan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP).  

Untuk persyaratan, kata Dono, pihaknya mematuhi sesuai aturan dan saran dari Presiden RI.  Misalnya, saat ini syarat untuk peremajaan sawit rakyat akan disederhanakan, seperti, diajukan oleh kelompok atau koperasi, dan dalam waktu 10 hari rekomendasi teknis (Rekomtek) harus terbit. “Bila sudah memenuhi persyaratan, dua hari setelah penerbitan Rekomtek, BPDP-KS bisa mencairkan bantuan dana tersebut,” janji Dono.

Sementara Gunawan, peneliti senior dari Indonesian Human Right Committee for Social Justice (IHCS) mengatakan, meski peluang kerjasama terbuka seperti diatur oleh undang-undang, namun kerjasama itu harus didasarkan pada persyaratan yang sama sesuai dengan peraturan perundangan, sehingga tidak ada yang dirugikan dari pola kerjasama yang dilakukan.

Seharusnya juga, kata Gunawan, di daerah-daerah sentra perkebunan kelapa sawit, pola perlindungan dan pemberdayaan petani mesti lebih banyak dilakukan sehingga harapannya pola kemitraan yang adil bisa terwujud.

Sejalan dengan program pemerintah dalam menerapkan reforma agraria, setiap perusahaan perkebunan harus memiliki persyaratan ijin hak guna usaha (HGU) dan ijin usaha perkebunan (IUP). Sehingga secara jelas dapat dipahami bahwa munculnya kebijakan reforma agrarian dengan moratorium sawit memiliki titik temu yang jelas. “Yakni menyangkut peningkatan dan penguatan perkebunan kelapa sawit milik rakyat,” katanya belum lama ini di Jakarta dalam sebuah diskusi yang dihadiri InfoSAWIT. (T2)

Lebih lengkap baca InfoSAWIT cetak Edisi Desember 2018

 


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit