infosawit

Ceruk Besar Industri Hilir Biomassa Sawit



Ceruk Besar Industri Hilir Biomassa Sawit

InfoSAWIT, JAKARTA - Pengembangan industri perkebunan kelapa sawit nasional, sudah dilakukan lebih dari 100 tahun. Pesatnya pertumbuhan perkebunan kelapa sawit nasional, menjadi modal utama bagi ketersediaan bahan baku minyak nabati. Lantaran, sebagai bagian dari komoditas minyak nabati dunia, minyak sawit juga menjadi andalan komoditas minyak nabati global.

Melalui praktek budidaya terbaik dan berkelanjutan, minyak sawit yang dihasilkan perkebunan kelapa sawit nasional, juga melalui proses pengolahan di Pabrik Kelapa Sawit (PKS) yang lokasinya berdekatan dengan perkebunan kelapa sawit. Pasalnya, kebutuhan unit pengolahan PKS, sangat dibutuhkan perkebunan, guna menjaga keberadaan kandungan Free Fatty Acids (FFA) supaya tidak melebihi dari 5%.

Persyaratan kandungan FFA tidak melebih 5%, juga merupakan syarat dunia internasional akan penggunaan minyak nabati sebagai minyak makanan yang dikonsumsi manusia. Lantaran, sebagai minyak makanan yang bersumber dari minyak nabati memiliki keunggulan utama lainnya, yaitu sebagai produk halal yang bisa dikonsumsi banyak orang.

Melalui dua keunggulan utama itulah, maka konsumsi masyarakat global akan minyak nabati, selalu mengalami pertumbuhan setiap tahunnya. Hingga pada tahun 2010 silam, konsumsi minyak sawit yang utamanya sebagai minyak makanan, juga mengalami peningkatan konsumsi sebagai minyak non makanan.

Alhasil, popularitas minyak sawit mengalami pertumbuhan pesat, sehingga menggeser kedudukan minyak kedelai sebagai raja minyak nabati dunia. Menempati posisi sebagai minyak nabati terbesar yang dikonsumsi dunia, maka minyak sawit semakin mengalami permintaan konsumsi yang pesat di pasar dunia.

Sejalan dengan pertumbuhan permintaan pasar dunia, produksi samping dari pengolahan PKS juga mengalami pertumbuhan yang signifikan. Produk samping PKS yang kian melimpah ini, menjadi modal pula, untuk memperkuat keberadaan industri minyak sawit nasional. Utamanya, dapat diolah menjadi berbagai produk bio massa. (Kris Hadisoebroto/Dewan Redaksi InfoSAWIT)

 


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit