infosawit

Perkuat Pasar Sawit India, Pihak Indonesia Usulkan Kesepakatan



Perkuat Pasar Sawit India, Pihak Indonesia Usulkan Kesepakatan

InfoSAWIT, JAKARTA - Selama ini Indonesia dan India secara tradisional telah lama menjalin hubungan ekonomi yang saling menguntungkan, salah satunya dalam perdagangan minyak kelapa sawit. Informasi yang didapat InfoSAWIT, pada tahun 2017 lalu, total nilai perdagangan kedua negara tercatat mencapai US$18,1 miliar, dimana sebanyak 34,8%-nya merupakan ekspor produk minyak sawit dari Indonesia ke India, atau senilai US$ 4,9 miliar.

Kondisi ini menunjukkan pentingnya minyak sawit bagi kedua negara. Sebab itu untuk memperkuat perdagangan kedua negara, pada 16 Juli 2018 lalu Dewan Minyak Sawit Indonesia (DMSI) dengan The Solvent Extractors 'Association of India (SEA) dan Solidaridad, telah sepakat untuk menandatangani Memorandum of Understanding pada 16 Juli 2018 lalu.

Nota Kesepahaman ini menjalin kerjasama yang erat antara organisasi-organisasi terkait untuk bersama-sama mempromosikan Indonesian Sustainable Palm Oil (ISPO) dan Indian Palm Oil Sustainability Framework (IPOS) di India.

Sekaligus secara bersama menciptakan kesadaran terhadap manfaat kesehatan dari minyak sawit di kalangan konsumen, memungkinkan dan menopang pertumbuhan minyak sawit Indonesia.

Sebagai tindak lanjut dari MoU tersebut, dengan difasilitasi oleh Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, DMSI, SEA dan Solidaridad mengadakan pertemuan pertama mereka di Jakarta pada 19 Desember 2018 untuk membahas Tantangan Minyak Sawit Global.   

Dikatakan Deputi Bidang Koordinasi Pangan dan Pertanian Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Musdhalifah Machmud, pada pertemuan awal ini mendiskusikan tindak lanjut dari Nota Kesepahaman (MoU) antara The Solvent Extractors Association of India (SEA), Dewan Minyak Sawit Indonesia (DMSI), dan Solidaridad Network Asia Limited (SNAL).

Lebih lanjut kata Musdhalifah, MoU tersebut berisi kerangka keberlanjutan produksi minyak sawit dan perdagangan Indonesia-India. Termasuk upaya perluasan penggunaan minyak sawit Indonesia dan memfasilitasi implementasi Indonesian Sustainable Palm Oil (ISPO). (T2)


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit