infosawit

Dorong Kapasitas Petani Sawit, Kolaborasi Para Pihak Resmikan COE-SPOI



Dorong Kapasitas Petani Sawit, Kolaborasi Para Pihak Resmikan COE-SPOI

InfoSAWIT, PELALAWAN – Dukungan dari para pemangku kepentingan industri kelapa sawit diwujudkan melalui peresmian Pusat Unggulan Program Inisiatif Kelapa Sawit Berkelanjutan (Sustainable Palm Oil Initiative/SPOI) di Ukui, Pelalawan, Riau, oleh Wakil Bupati Pelalawan H. Zardewan.

Program ini hasil kerja sama antara Tanoto Foundation, Asian Agri, dan United Nations Development Programme (UNDP), bertujuan membantu petani plasma dan swadaya untuk dapat mengelola kebun kelapa sawit secara berkelanjutan, meningkatkan kualitas hidup, serta mendorong mereka untuk mendapatkan Sertifikasi Kelapa Sawit Berkelanjutan Indonesia (Indonesian Sustainable Palm Oil/ISPO).

“Saya menyambut baik pusat unggulan untuk para petani kelapa sawit ini. Saya berharap dengan dibangunnya pusat unggulan ini para petani di Kabupaten Pelalawan ini dapat memanfaatkannya secara maksimal untuk dapat belajar mengimplementasikan pengelolaan kelapa sawit yang berkelanjutan dan dapat menghasilkan buah yang optimal,” ujar Zardewan, dalam keterangan resmi diterima InfoSAWIT, Kamis (25/4/2019).

Pusat Unggulan Program Inisiatif Kelapa Sawit Berkelanjutan telah berjalan sejak tahun 2017 sebagai wadah informasi dan pelatihan terkait pengelolaan kebun kelapa sawit berkelanjutan, yang meliputi penyediaan informasi dan pelatihan teknis budidaya, serta pengenalan sistem sertifikasi ISPO. Program ini berlokasi di Kecamatan Ukui, yaitu di wilayah kerja PT. Inti Indosawit Subur (Asian Agri Group) dengan membina petani yang tergabung dalam KUD Bukit Potalo dan Asosiasi Amanah.

CEO Global Tanoto Foundation Satrijo Tanudjojo mengatakan, pendidikan berkualitas merupakan salah satu faktor kunci dalam menanggulangi kemiskinan karena dapat mempercepat munculnya kesetaraan peluang.

Sementara Tutur, Kepala Sekretariat Komisi ISPO, Azis Hidayat, pihak secretariat ISPO sangat mendukung program kemitraan yang membangun dan berharap dapat direplikasikan oleh perusahaan kelapa sawit lain di Indonesia sehingga industri kelapa sawit di Indonesia ini dapat terus meningkat. (T2)

 


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit