infosawit

Maret 2019, Pasar Sawit Asal Indonesia di India Melorot 62%



Maret 2019, Pasar Sawit Asal Indonesia di India Melorot 62%

InfoSAWIT, JAKARTA – Akibat perang dagang Amerika Serikat dan China yang tak kunjung usai, tercatat telah memmengaruhi perdagangan kedelai kedua negara yang berujung pada menumpuknya stok kedelai di AS.

Kondisi demikian ternyata berdampak pada ekspor CPO dan turunannya dari Indonesia ke India, dimana ekspor CPO dan turunan asala Indonesia ke India tercatat melorot tajam mencapai 62% atau dari 516,53 ribu ton di Februari anjlok menjadi 194,41 ribu ton pada Maret.

“Selain perang dagang, kondisi pelambatan pertumbuhan ekonomi India yang hampir memasuki ambang krisis menyebabkan berkurangnya permintaan minyak sawit India baik dari Indonesia maupun Malaysia,” kata Ketua Umum Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI), Joko Supriyono, dalam acara Buka Puasa Bersama, Rabu (15/5/2019) di Jakarta yang dihadiri InfoSAWIT.

Penurunan permintaan juga diikuti negara Afrika yang turun sekitar 38%, Amerika Serikat melorot 10%, China turun 4% dan Uni Eropa melemah 2%.

Secara mengejutkan ekspor minyak sawit ke negara lain-lain meningkat 60% dibandingkan bulan sebelumnya. “Peningkatan permintaan CPO dan produk turunannya dari Indonesia yang cukup signifikan datang dari Asia khususnya Korea Selatan, Jepang dan Malaysia,” tandas Joko. (T2)

 


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit