infosawit

Gubernur Riau: Lakukan Peremajaan Sawit Dengan Cara Tumpang Sari



Gubernur Riau: Lakukan Peremajaan Sawit Dengan Cara Tumpang Sari

InfoSAWIT, JAKARTA – Gubrnur Riau, H. Syamsuar, mendorong para petani lain di Riau yang kebun sawitnya sudah tidak produktif untuk mempertimbangkan dan tidak ragu untuk melakukan peremajaan kebun sawit.

Apalagi banyak kebun sawit milik petani di Riau, khususnya wilayah Siak banyak yang harus segera diremajakan, namun  demikian masih banyak petani yang enggan untuk melakukan kegiatan peremajaan sawitnya, dengan alasan khawatir bakal menggerus pendapatan.

Namun demikan H Syamsuar mematikan, bahwa kegiatan peremajaan sawit rakyat ini memiliki manfaat berlipat, lantaran bakal meningkatkan produktivitas sehingga mendongkrak pendapatan. Sementara untuk diawal penanamana supaya tidak menggerus pendapatan disarankan untuk melakukan budidaya tumpang sari dengan komoditas pertanian misalnya padi gogo atau jagung. “Sehingga sumber makanan petani selama sawit belum menghasilkan tetap ada,” katanya di Siak, dalam sebuah acara yang dihadiri InfoSAWIT.

Lebih lanjut kata H Syamsuar, selain kekhawatiran masalah pendapatan dan sumber makanan pada masa sawit belum menghasilkan, kendala lainnya ialah masih banyak petani yang memiliki hutang di perbankan, sehingga upaya peremajaan sawit tersebut terkadang terbentur masalah administrasi. (T2)

 


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit