infosawit

Membangun Komunikasi Sektor Sawit Dengan India



Membangun Komunikasi Sektor Sawit Dengan India

InfoSAWIT, JAKARTA - Ketua Dewan Minyak Sawit Indonesia (DMSI), Derom Bangun, dengan adanya kesepakatan antara DMS, The Solvent Extractors ‘Association of India (SEA) dan Solidaridad, menjadi pintu bagi pertukaran informasi perdagangan antara India dan Indonesia, apalagi India adalah salah satu pengguna terbesar minyak kelapa sawit Indonesia.

Sebab itu komunikasi kedua pihak perlu dibangun tidak hanya antar pemerintah tetapi juga antar asosiasi. “Jadi dari dua belah pihak akan membahas masalah-masalah yang dihadapi supaya bisa dicarikan solusinya. Kita harus pertahankan hubungan ini,” kata Derom Bangun belum lama ini di Jakarta, dalam sebuah acara yang dihadiri InfoSAWIT.

Alasan menggandeng SEA, tidak lain karena SEA adalah salah satu organisasi terbesar di India dan merupakan mitra utama pemerintah India, sehingga dengan demikian, SEA bisa menjadi jembatan komunikasi antara kebutuhan pasar dengan pemerintah India. ”Untuk itu, di forum ini kita betul-betul akan membahas tindak lanjut MoU tersebut agar India tetap menjadi konsumen utama produk sawit kita,” tutur Musdhalifah.

Dari hasil pertemuan pertamanya tersebut terdapat 3 kesepakatan yang dicapai diantaranya, pertama, keduabelah pihak sepakat akan melakukan promosi minyak sawit berkelanjutan di pasar India melalui kampanye standar ISPO dan IPOS.

Lantas kedua, akan membentuk Komite Kerja Sama Kelapa Sawit Indonesia- India untuk memfasilitasi komunikasi kedua pemerintah, sekaligus untuk meningkatkan kerja sama dalam hal-hal yang berkaitan dengan perdagangan. Kemudian Ketiga, meningkatkan partisipasi petani kecil dalam menerapkan praktik minyak sawit berkelanjutan (ISPO dan IPOS).

Kesepakatan ini dihadiri langsung oleh Komite tingkat tinggi di bawah kepemimpinan Ketua Umum DMSI, Derom Bangun; President of SEA, Atul Chaturvedi; Managing Director of SNAL, Shatadru Chattopadhayay; Country Manager of Yayasan Solidaridad Network Indonesia, Kulbir Mehta; dan perwakilan dari Kedutaan Besar India di Jakarta. (T2)

 


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit