infosawit

Para Pelaku industri Italy Lakukan Dialog Minyak Sawit Berkelanjutan



Foto: Dok. RSPO
Para Pelaku industri Italy Lakukan Dialog Minyak Sawit Berkelanjutan

InfoSAWIT, MILAN – Dalam sebuah acara Diskusi bertema “Italy and Sustainable Palm Oil: challenges and opportunities” pada awal Mei 2019 di Milan, Italy, yang bersamaan dengan pameran dagang dari TuttoFood and Seeds & Chips, sekitar 50 pelaku pengguna minyak sawit dari negeri Pizza itu berkontribusi dan aktif dalam melakukan dialog mengenai penggunaan minyak sawit, para pelaku pasar seperti dari sektor makanan ada Ferrero dan Unigra, serta dari Intercos Group sebuah perusahaan kosmetik, dan Robeco mewakili lembaga keuangan. Menjadi bagian diskusi yang diadakan hingga sore hari.

Dari laman resmi RSPO tercatat, di pasar Uni  Eropa, sebanyak 74% minyak sawit yang digunakan berasal dari impor untuk produk makanan yang sudah bersertifikasi berkelanjutan RSPO.

Namun demikian untuk di Italia, penggunaan minyak sawit bersertifikat RSPO baru mencapai 43% dari total minyak sawit yang digunakan dalam sektor makanan. Manajer Pengembangan Pasar RSPO untuk Uni Eropa, Francesca Morgante menyatakan,  pentingnya membangun dialog yang berkelanjutan antara para pihak, untuk mencapai tujuan berkelanjutan yang telah disepakati.

"Dengan tindakan nyata, Eropa akan berjuang untuk mencapai tujuan keberlanjutan. Pembelian kredit RSPO adalah langkah pertama yang penting bagi mereka yang ingin berkomitmen untuk pasokan berkelanjutan," tutur Morgante.

Acara ini berhasil mempertemukan para pihak di Italia dari seluruh rantai pasok untuk berbicara secara terbuka tentang tantangan dan peluang terkait pasokan minyak sawit yang bertanggung jawab. Acara terselenggara atas kerja sama RSPO, EPOA dan Uni Italia untuk Minyak Sawit Berkelanjutan. (T2)

 


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit