infosawit

BASF & Estée Lauder Companies Dorong Produksi Kelapa Sawit Berkelanjutan di Waykanan



Ilustrasi petani kelapa sawit swadaya
BASF & Estée Lauder Companies Dorong Produksi Kelapa Sawit Berkelanjutan di Waykanan

InfoSAWIT, LAMPUNG - BASF, Estée Lauder Companies dan Roundtable on Sustainable Palm Oil (RSPO) bermitra dengan organisasi masyarakat sipil, Solidaridad bekerjasama untuk mempromosikan produksi minyak sawit dan turunan kelapa sawit berkelanjutan di Kabupaten Waykanan, Lampung, Indonesia.

Proyek ini dilakukan guna mendukung petani swadaya Indonesia bisa meningkatkan mata pencaharian petani dan mendukung produksi minyak sawit dan minyak inti sawit berkelanjutan. Dalam kerjasama strategis ini bakal melakukan pendidikan berkelanjutan dan dukungan teknis tentang penerapan dan pemeliharaan praktik minyak sawit berkelanjutan. Target proyek ini minimal sepertiga dari petani kecil yang didukung bisa memenuhi sertifikasi RSPO untuk petani swaday dalam tiga tahun kedepan.

Proyek kerjasama ini juga melibatkan pemerintah Indonesia untuk membina rantai pasokan produksi minyak sawit berkelanjutan di Lampung yang bebas dari deforestasi dan kompetitif di pasar global, sambil meningkatkan manfaat sosial dan ekonomi bagi petani.

“Sebagian besar perusahaan besar Eropa telah berkomitmen untuk menggunakan minyak kelapa sawit berkelanjutan secara eksklusif,” kata Direktur Pelaksana, Solidaridad Eropa, Heske Verburg dalam keterangan resminya.

Lebih lanjut kata Verburg, pihaknya merasa senang lantaran BASF dan The Estée Lauder Companies memiliki komitmen tidak hanya sekadar pembelian secara berkelanjutan, namun leih dari itu bisa memberikan dukungan langsung untuk kelapa sawit berkelanjutan melalui proyek tersebut.

“Ketika minyak kelapa sawit diproduksi secara berkelanjutan, dan dengan cara yang baik di masa depan, minyak sawit ini dapat berkontribusi dalam menyelesaikan masalah serius bagi petani dan lingkungan,” katanya.

Sementara tutur Wakil Presiden Eksekutif, Rantai Pasokan Global, The Estée Lauder Companies, Greg Polcer, kemitraan strategis ini untuk mendukung petani kecil di Indonesia, dan pihaknya akan memastikan bahwa proses pengembangan budidaya kelapa sawit dilakukan secara berkelanjutan.

Demikian pula diungkapkan Wakil Presiden, Produk Perawatan BASF, Daniele Piergentili, sebanyak 40% dari produksi kelapa sawit dunia berasal dari petani kecil yang mengandalkannya untuk mata pencaharian mereka. Maka dengan kemitraan dengan Estée Lauder, Solidaridad dan RSPO memungkinkan pihaknya untuk mendukung para petani ini dan pada saat yang sama meningkatkan ketersediaan minyak sawit yang diproduksi secara berkelanjutan. (T2)

 


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit