infosawit

Menggantang Potensi Bioenergi Sawit



Menggantang Potensi Bioenergi Sawit

InfoSAWIT, JAKARTA - Potensi limbah sawit terutama sisa produksi Pabrik kelapa sawit selalu mendapatkan sorotan negatif. Pasalnya, berbagai hasil sisa produksi dari PKS ini, selalu identik dengan limbah industri yang akan berbahaya bagi lingkungan. Tak hanya limbah cair dari pabrik, limbah padat pun selalu mendapat sorotan negatif serupa. Lantas bagaimana dengan potensi pengembangannya?

Produksi minyak sawit mentah (CPO) yang mampu dihasilkan PKS, merupakan produk andalan industri perkebunan kelapa sawit nasional. Melalui hasil produksi CPO, maka geliat industri ini mulai terbangun dan berhasil memberikan kontribusi nyata bagi pembangunan nasional. Pasalnya, seiring berjalannya waktu, produksi CPO terus bertambah seiring bertambahnya jumlah PKS nasional.

Memang masih ada pekerjaan rumah yang belum terselesaikan, dimana keberadaan limbah cair dan padat yang dihasilkan PKS sering pula menjadi sorotan negatif. Namun, keberadaan limbah dari PKS ini, seharusnya mampu menjadi potensi bagi tumbuhnya industri bioenergi sawit nasional. Dimana, limbah cair dan limbah padat sebagai bahan bakunya.

Limbah cair dari PKS yang sering disebut sebagai Palm Oil Mill Effluent (POME) dengan berbagai perkembangan teknologi terapan terbarukan, sudah mampu diolah menjadi industri terbarukan dan ramah lingkungan. Salah satunya menjadi Pembangkit Listrik Teknologi Biogas (PLTBg) yang banyak dikembangkan beberapa perusahaan perkebunan kelapa sawit. (Rubrik Cermin/InfoSAWITcetak Edisi Februari 2019)

 

 


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit