infosawit

Pemerintah Dorong Percepatan Penyelesaian Konflik Agraria



Ilustrasi konflik agraria
Pemerintah Dorong Percepatan Penyelesaian Konflik Agraria

InfoSAWIT, JAKARTA - Kepala Staf Kepresidenan (KSP), Jend (purn) Moeldoko memimpin Rapat Tingkat Menteri (RTM) untuk mempercepat penyelesaian konflik agraria. Rapat ini dihadiri oleh menteri terkait untuk menargetkan penyelesaian 167 kasus yang menurut pihak KSP dapat diselesaikan dengan segera oleh kementerian dan lembaga teknis terkait pada akhir tahun ini (2019).

Sesuai dengan tugas dan fungsi pokok KSP sebagai pengendali program strategis dan prioritas Presiden, KSP secara khusus terus mendorong pelaksanaan reforma agraria yang menjadi prioritas Presiden.

Sebagaimana diketahui penyelesaian konflik agraria adalah salah satu tujuan utama dari reforma agraria. KSP juga mencatat bahwa setiap kunjungan kerja Presiden, konflik agraria adalah salah satu laporan yang kerap ditemui.

Dalam rilis resmi diterima InfoSAWIT, Rabu (12/6/2019), sepanjang dua tahun terakhir (2017), KSP telah membentuk Tim Percepatan Penyelesaian Konflik Agraria (TPPKA) yang bertugas menerima pengaduan kasus, menganalisa kasus, memverifikasi lapangan, mengadakan rapat koordinasi dan memberikan rekomendasi penyelesaian. Ujung dari langkah TPPKA ini adalah memberikan peta jalan kebijakan dan pelaksanaan penyelesaian konflik kepada kementerian dan lembaga terkait.

Menurut Moeldoko, pemerintah sedang berusaha mempercepat penyelesaian konflik agraria. Langkah yang ditempuh melalui koordinasi antar-kementerian dan lembaga, serta membangun sinergi penanganan lintas-kementerian dan lembaga. Setiap kementerian-lembaga telah menunjuk pejabat penanggungjawab untuk koordinasi lintas-kementerian-lembaga tersebut.

Dalam RTM ini, KSP menyerahkan dokumen digital yang berisi daftar kasus beserta seluruh data-data pendukungnya kepada kementerian/lembaga terkait. Moeldoko menutup dengan mengatakan bahwa keadilan agraria menjadi perhatian serius Pemerintah, dan RTM ini merupakan langkah penting dalam percepatan penyelesaian konflik agraria tersebut. Hadir pada RTM tersebut Menteri ATR/Kepala BPN, Sofyan Djalil serta Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya (T2)

 


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit