infosawit

Petani Sawit Paparkan Kondisi Riil Kepada Forum Deklarasi Amsterdam



Petani Sawit Paparkan Kondisi Riil Kepada Forum Deklarasi Amsterdam

InfoSAWIT, ULTRECT – Ketua Serikat Petani Kelapa Sawit (SPKS) Mansuetus Darto menjadi pembicara pada rapat rutin yang diadakan Forum Deklarasi Amsterdam I pada 14 Juni 2019 di Ultrect, Belanda waktu setempat.

Kehadiran SPKS tersebut atas undangan langsung anggota Deklarasi Amsterdam guna memaparkan kondisi riil petani kelapa sawit di Indonesi. Dalam kesempatan itu Darto menyampaikan ajakan agar pembeli minyak sawit dari negara-negara di kawasan Uni Eropa bisa berperan secara nyata dalam peningkatan kapasitas dan pemberdayaan petani sawit di Indonesia.

Dalam paparannya Darto mejelaskan, jika petani sawit Indonesia kebanyakan memilki luasan antara 1-4 ha, tinggal di pedesaan atau sekitar kebun, tergantung pada hasil kebun sawit dan pekerjaan pokoknya adalah bertani, dikerjakan secara sendiri oleh petani/ keluarga.

“Mayoritas petani tidak memiliki lahan pangan dan tidak memiliki legalitas lahan seperti sertifikat dan hanya sebagian kecil dalam kawasan hutan dan gambut, petani sawit saat ini penjualan TBSnya banyak lewat tengkulak dengan harga murah meskipun itu pabrik dekat dengan kebun petani,” catat Darto dalam keterangan resmi diterima InfoSAWIT, belum lama ini.

Hadir dalam rapat ini adalah perwakilan dari negara-negara unieropa, pembeli sawit di Uni Eropa, Pemerintah Belanda, Perwakilan NGOS Internasional dan Indonesia, serta Pemerintah Indonesia. (T2)

 


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit