infosawit

IUCN Belanda: Skim Sawit Berkelanjutan RSPO Tunjukan Hasil Terbaik Lindungi Lingkungan



IUCN Belanda: Skim Sawit Berkelanjutan RSPO Tunjukan Hasil Terbaik Lindungi Lingkungan

InfoSAWIT, KUALA LUMPUR – Belum lama ini, Komite Nasional International Union for Conservation of Nature Belanda (IUCN NL) merilis sebuah laporan berjudul, Menetapkan Nilai Biodiversitas untuk Sertifikasi Minyak Sawit, yang memberikan tinjauan berbagai langkah standar keberlanjutan minyak kelapa sawit untuk menghentikan hilangnya keanekaragaman hayati dan memulihkan habitat untuk konservasi keanekaragaman hayati.

Dalam laporan ini menyoroti sektor-sektor kritis (terutama kaitannya dengan kriteria jaminan sertifikasi dalam melindungi keanekaragaman hayati) yang perlu ditingkatkan, dan merekomendasikan tindakan spesifik untuk pembeli dan investor minyak sawit.

Laporan tersebut juga menyimpulkan bahwa RSPO menunjukkan hasil terbaik dalam kaitannya dengan perlindungan keanekaragaman hayati dan tingkat jaminan. Skor RSPO mampu mencapai hampir 70% dari skor maksimum untuk perlindungan keanekaragaman hayati dan sekitar 85% terkait nilai tingkat jaminan.

Chief Executive Officer RSPO, Datuk Darrel Webber menyatakan, pihaknya menyambut baik studi banding yang dilakukan Komite Nasional IUCN Belanda untuk memvalidasi praktik kelapa sawit berkelanjutan yang dilakukan oleh para anggota di RSPO dikala mengadopsi Prinsip & Kriteria versi 2018 untuk Produksi Minyak Sawit Berkelanjutan.

“Standar kami memberikan kerangka kerja untuk perlindungan keanekaragaman hayati dan sistem untuk memverifikasi implementasinya, yang menurut laporan ini, terbaik di kelasnya,” katanya dalam keterangan resmi diterima InfoSAWIT, belum lama ini.

Lebih lanjut tutur Darrel, ini harus menjadi sinyal yang jelas bagi merek dan perusahaan yang mencari sumber minyak kelapa sawit berkelanjutan, bahwa mereka bisa menggunakan bahan baku yang bersertifikat RSPO.

“Selain itu, penelitian ini memberi kami rekomendasi yang baik tentang di mana kami dapat melanjutkan perjalanan perbaikan berkesinambungan kami untuk meningkatkan standar lebih baik," tandas dia. (T2)


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit