infosawit

Petani Tolak Kebijakan Pungutan Minyak Sawit (CPO)



Foto: RMOL Sumsel
Petani Tolak Kebijakan Pungutan Minyak Sawit (CPO)

InfoSAWIT, JAKARTA – Pada Kamis (20/6/2019) lalu petani kelapa sawit yang tergabung dalam Asosiasi Petani Plasma Kelapa Sawit (APPKSI) mendatangi Kementerian Keuangan guna mendesak pemerintah pusat agar tetap membebaskan pungutan ekspor minyak sawit (CPO)

Mereka menilai pemberlakuan pungutan ekspor CPO akan berimbas pada melorotnya harga Tandan Buah Segar (TBS) sawit milik petani kelapa sawit.

Dikatakan Sekjen APPKSI, Arifin Nur Cahyono, aksi mendatangi kantor Kementerian Keuangan untuk mengingatkan pemerintah untuk tidak tidak menerapkan kebijakan pungutan ekspor CPO, lanraran harga TBS sawit masih belum stabil.

"Kita dengar mau memberlakukan kembali pungutan CPO, kita merasa kita baru nafas, harga pun belum stabil baru naik sedikit sudah mau ada memberlakukan kembali,” katanya seperti ditulis RMOL Sumsel.

Lebih lanjut kata Arifin, pihaknya menolak adanya pungutan ekspor CPO, juga dikarenakan alasan penggunaan dana pungutan tersebut tidak kembali ke patni. “Petani belum merasakan dampaknya,” tandas Arifin. (T2)

 

 

 


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit