infosawit

Berharap Biodiesel Sawit Bisa Gantikan Minyak Solar Fosil



Berharap Biodiesel Sawit Bisa Gantikan Minyak Solar Fosil

InfoSAWIT, JAKARTA - Sebagai Biodiesel, CPO hingga tahun 2019 ini, diperkirakan akan diserap hingga 30% dari kebutuhan industri nasional. Melalui program wajib biodiesel B30, maka diperkirakan kebutuhan tahun 2019 ini sekitar 6 juta ton CPO. Besaran kebutuhan ini, secara nyata juga mendongkrak kebutuhan CPO nasional, khususnya sebagai bahan bakar campuran.

Di sisi lain, kebutuhan Indonesia akan bahan bakar minyak cukuplah besar. Berdasarkan data dari PT Pertamina, hingga tahun 2025, Indonesia akan menjadi importir minyak mentah bumi mencapai 1,2 juta barrel/hari atau sekitar 20 juta ton per tahun. Kendati angka ini masih menimbulkan banyak pertanyaan, setidaknya dapat menjadi gambaran akan besarnya kebutuhan Indonesia akan bahan bakar minyak.

Solusinya, Indonesia butuh sumber energi bahan bakar minyak yang mampu dihasilkan dari dalam negeri. Salah satunya, berasal dari minyak nabati, guna menyubtitusi kebutuhan Indonesia akan bahan bakar minyak. Kebutuhan utama akan bahan bakar minyak, dapat di gantikan melalui produksi bahan bakar cair yang mampu dihasilkan dari CPO. (Telah terbit pada Rubrik Cermin InfoSAWIT Edisi Maret 2019)

 


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit