infosawit

Sinergisitas Sektor Sawit, Mudah Diucap Sulit Dilapangan



Sinergisitas Sektor Sawit, Mudah Diucap Sulit Dilapangan

InfoSAWIT, JAKARTA - Dalam segala hal mensinergikan itu adalah sesuatu yang indah, tetapi kenyataan di lapangan tidak begitu indah. Industri kelapa sawit saat ini perlu pula disinergikan, apalagi kelapa sawit dikelola oleh tiga kelompok, yakni petani, pelaku usaha dan pemerintah.

Dikatakan Direktur Jenderal Perkebunan DirjenBun Kementerian Pertanian, Kasdi Subagyono, terlebih untuk saat ini sekitar 43% dari total lahan kelapa sawit yang ada di Indonesia dikelola oleh petani dan menjadi bagian yang sangat penting bagi industri kelapa sawit Indonesia. Upaya sinergisitas pun menjadi penting, untuk mewujudkkan budidaya kelapa sawit berkelanjutan. “Sayangnya koordinasi sinergitas memang selalu jadi pekerjaan rumah kita bersama,” katanya di Jakarta belum lama ini.

Namun demikian prinsipnya pemerintah selalu menyambut baik inisiatif-inisiatif yang mengusung upaya sinergitas, terlebih yang fokus mendorong penerapan praktik keberlanjutan.

“Besar harapan saya, inisiatif semacam ini bisa dibawa ke tahapan yang lebih implementatif, sehingga perlu ada proses lebih jauh dari hanya sekadar melakukan lokakarya, misalnya angsung bisa menghasilkan naskah kerja dan dokumen perencanaan,” tandas Kasdi. (T2)

 


 


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit