infosawit

Usaha Kecil Binaan Perusahaan Sawit BGA Group Kenalkan Kopi Uteh Kayok



Usaha Kecil Binaan Perusahaan Sawit BGA Group Kenalkan Kopi Uteh Kayok

InfoSAWIT, KETAPANG – Dalam agenda tahunan Ketapang Expo yang digelar pada 18-28 Juni 2019, kerap ramai pengunjung lantaran pada pameran ini menampilkan keunggulan komoditas yang dimiliki daerah. Acara tersebut mengambil tempat di Pendopo Bupati Ketapang.

Tidak ketinggalan, sebagai salah satu perusahaan perkebunan kelapa sawit yang ada di Ketapang, Kalimantan Barat, Bumitama Gunajaya Agro Group (BGA Group) ikut berpartisipasi pada acara tersebut, yang tercatat diikuti oleh berbagai lembaga pemerintah, swasta, organisasi perangkat daerah (OPD), 20 Kecamatan, pelaku usaha baik perusahaan maupun pelaku usaha kecil menengah (UKM).

Untuk kali ini, BGA Group mempromosikan produk UMKM binaannya secara langsung kepada masyarakat setempat.  Produk yang dipamerkan adalah Kopi Uteh Kayok dari Desa Simpang Tiga Sebelangaan Kec. Nanga Tayap, Madu Hutan dari Desa Ulak Medang Kec. Muara Pawan, Padi jenis GoGo dari Desa Sengkaharak dan Lalang Panjang Kec. Sungai Melayu, Pandai Besi dari Desa Kendawangan Hilir, Kec. Kendawangan, serta aneka ragam produk makanan olahan dari kelompok ibu-ibu PKK di sekitar anak perusahaan BGA Group yakni PT Gunajaya Karya Gemilang (GKG) di Desa Kendawangan Kec. Kendawangan.

Kopi Uteh Kayok menjadi perhatian menarik para pengunjung di Booth Stand BGA Group. Para pengunjung pun diberikan informasi seputar kopi asli buatan lokal setempat itu dibuat dan sekaligus juga dapat membeli produk kopi tersebut. Terdapat dua varian yakni rasa original (kopi murni) dan rasa mixed (dengan kelapa dan beras). Produk lain yang tak kalah menyita perhatian pengunjung di boot stand BGA adalah Madu Hutan asli dari lebah liar yang merupakan produk unggulan dari Kecamatan Muara Pawan

Camat Muara Pawan, Maisier mengatakan kalau madu hutan dari lebah tersebut diproduksi di Desa Ulak Medang. Kehadiran produk itu tak lepas dari kerja sama Desa Ulak Medang dengan Perusahaan Perkebunan Kelapa Sawit BGA Group. "Produk Madu Hutan Alami ini di produksi oleh Desa Ulak Medang yang bekerja sama dengan PT BGA Group. Ini merupakan salah satu produk unggulan kita," ujarnya dalam keterangan resmi diterima InfoSAWIT belum lama ini.

Pada kegiatan pameran tahun ini bertemakan “Peningkatan Ekonomi Kreatif dalam Mendukung Kemajuan Ekonomi Daerah”, dimana BGA Group menampilkan produk UMKM binaanya agar masyarakat dapat mengetahui bahwa didalam industri perkebunan kelapa sawit juga tercipta suatu sinergi yang harmonis antara masyarakat, perusahaan dan lingkungan. (T2)

 


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit