infosawit

Petani Sawit Minta Dana BPDP-KS Bisa Bermanfaat Bagi Petani



Petani Sawit Minta Dana BPDP-KS Bisa Bermanfaat Bagi Petani

InfoSAWIT, JAKARTA – Dikatakan Sekjen Serikat Petani Kelapa Sawit (SPKS), Mansuetus Darto, munculnya Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit sejatinya disambut baik oleh kalangan petani kelapa sawit, namun sayangnya masih belum memiliki manfaat maksimal bagi 12 juta keluarga petani.

Lebih lanjuta kata Darto, kekalahan presiden Jokowi pada  kantong-kantong suara di pemilu presiden 2019/2024 di desa-desa sentra kelapa sawit di Sumatra antara lain akibat adanya kekecewaan petani terhadap keberpihakan negara terhadap petani sawit serta alokasi dana BPDP-KS yang sudah salah kaprah memanfaatkan dana tersebut.

Sebab itu, usul Darto, Presiden Jokowi harus turun tangan guna menangani masalah ini agar alokasi dana BPDP-KS bisa memberi manfaat bagi jutaan keluarga petani dan mendukung transformasi petani kelapa sawit ke arah kemandirian, sejahtera dan berkelanjutan.

“Industri biodiesel selama ini terkesan ingin “selamatkan diri” ditengah pasar minyak sawit di Eropa yang sedang melakukan larangan untuk biofuel sawit dan industri sawit Indonesia ingin selamatkan hasil produksinya melalui program Biodiesel. Dari situasi ini, petani swadaya dirugikan karena tidak ada yang selamatkan mereka,” tandas Darto dalam keterangan resmi diterima InfoSAWIT, Jumat (28/6/2019) di Jakarta. (T2)

 


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit