infosawit

ISPO Sawit Bentuk Komitmen Indonesia Terapkan Pembangunan Berkelanjutan



ISPO Sawit Bentuk Komitmen Indonesia Terapkan Pembangunan Berkelanjutan

InfoSAWIT, OSLO - Dalam sebuah acara yang diadakan kedutaan besar di Oslo, Norwegia, Wakil Ketua Umum Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI) Togar Sitanggang  mengatakan, industri sawit akan membawa Indonesia mencapai kemandirian energi.

“Siapa yang menguasai energi, mereka akan menguasai dunia. Itu yang membuat negara maju termasuk Uni Eropa khawatir dan akhirnya menghambat perkembangan minyak sawit,” kata Togar dalam keterangan resmi diterima InfoSAWIT, belum lama ini.

Lebih lanjut kata Togar, komitmen untuk perbaikan tata kelola perkebunan sawit agar sejalan dengan tuntutan tujuan pembangunan berkelanjutan global dilakukan  melalui berbagai cara, diantaranya dengan  penguatan Indonesia Sustainable Palm Oil (ISPO) . 

Sebagai standar tata kelola sawit berkelanjutan di Indonesia, ISPO memiliki kesamaan tujuan dengan standar tata kelola global lain yaitu  menekan deforestasi, mengurangi emisi gas rumah kaca dari perubahan fungsi lahan serta kepatuhan terhadap persyaratan hukum lain seperti perburuhan dan Hak Asasi Manusia (HAM).

“Penguatan ISPO mengadopsi nilai-nilai yang tertuang dalam Tujuan Pembangunan Berkelanjutan  atau Sustainable Development Goals (SDGs). SDGs merupakan agenda pembangunan dunia yang disepakati di PBB untuk dicapai dunia hingga 2030,” tandas Togar. (T2)

 


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit