infosawit

TOTAL Biorefinery La Mède Resmi Produksi Biodiesel Sawit



foto: Istimewa
TOTAL Biorefinery La Mède Resmi Produksi Biodiesel Sawit

InfoSAWIT, PRANCIS - Perusahaan energi asal Prancis TOTAL belum lama ini mengumumkan mulai berproduksinya pabrik penghasil bahan bakar terbarukan di Perancis tenggara. Biorefinery La Mède, sebelumnya merupakan kilang minyak tradisional, sekarang telah mampu memproduksi biofuel. Proyek ini sebelumnya telah diluncurkan pada 2015 dengan investasi mencapai sekitar US$ 310 juta.

Fasilitas tersebut terdiri dari biorefinery dengan kapasitas 500 ribu ton biofuel per tahun, energi surya 8 MW, pusat logistik dan penyimpanan, serta pusat pelatihan. La Mède akan menghasilkan bahan bakar biodiesel dan biojet untuk industri penerbangan. Itu dirancang khusus untuk memproses semua jenis minyak. Bahan bakar nabati akan mencapai 60 hingga 70% dari 100% minyak nabati berkelanjutan (rapeseed, minyak sawit, sunflower, dll.) Dan 30 hingga 40% terdiri dari limbah yang diolah (lemak hewan, minyak goreng, residu, dll.).

Sebagai bagian dari kerjasama dengan Pemerintah Prancis pada Mei 2018 lalu, TOTAL telah berjanji untuk memproses tidak lebih dari 300 ribu ton minyak sawit per tahun, atau sekitar 50% dari total volume bahan baku yang dibutuhkan  dan setidaknya ada sebanyak 50 ribu ton berbahan baku rapeseed dari Prancis, sebagai upaya membuka pasar pertanian ditingkat domestik.

"Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada tim atas semua kerja keras mereka selama empat tahun terakhir ini untuk mengkonversi kilang La Mède kami," kata Presiden Refining & Chemicals, TOTAL,  Bernard Pinatel dikutip InfoSAWIT dari Supplay Chain Magazine.

Lebih lanjut kata Pinatel, produksi bifuel ini menjadi solusi untuk mengurangi emisi karbon dari transportasi darat dan udara. Lantaran produksi biofuel dari Biorefinery La Mède, mengeluarkan karbon lebih rendah 50% daripada bahan bakar fosil.

TOTAL juga berkomitmen untuk memastikan bahwa 300 ribu ton minyak sawit yang diproses setiap tahun diperoleh dengan cara yang paling berkelanjutan. Perusahaan telah menambahkan kontrol yang lebih ketat dan audit keberlanjutan dan menghormati hak asasi manusia, memilih pemasok yang bertanggung jawab dan membatasi jumlah pemasok, sehingga rencana peningkatan dapat disusun secara bersama-sama. (T2)

 


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit