infosawit

Membuat Minyak Sawit Merah Skala Rumah Tangga



Membuat Minyak Sawit Merah Skala Rumah Tangga

InfoSAWIT, JAKARTA - Minyak sawit merah rupanya bisa juga dibuat pada skala rumah tangga, merujuk informasi dari Masyarakat Perkelapasawitan Indonesia (MAKSI). Untuk bahan bakunya berupa buah sawit 1 hingga 4 kg. Sementara alat-alat yang dibutuhkan berupa panci untuk memasak, kompor, pisau, kain penyaring tahu 2 meter (untuk kira-kira 4 kg buah sawit), wadah penampung, alat pemberat atau menekan, botol gelap atau plastik berlapis kertas untuk kemasan.

 

Cara Pembuatan

Buah sawit yang baru dipetik segera direbus dengan air secukupnya hingga air mendidih, lantas tuangkan pada wadah berlubang supaya air rebusan terbuang. Tampung air untuk menyiram.

Kemudian kupas sabut buah dengan pisau, tampung semua sabut pada kain penyaring. Sementara biji yang bertempurung dapat disimpan untuk diambil tempurung dan daging buahnya. Daging buah dapat dimakan atau diperas layaknya minyak kelapa.

Selanjutnya bungkus sabut dengan kain saringan, lalu tekan dan tampung cairan berwarna merah yang masih tercampur antara minyak dan airnya. Kemudian masak cairan merah tadi sampai minyaknya keluar disertai dengan habisnya air akibat menguap.

Langkah terakhir dinginkan minyak sawit merah yang sudah terpisah dengan air tersebut, setelah dingin minyak bisa langsung dikemas dalam botol, selanjutnya disimpan dalam kondisi gelap. Untuk informasi minyak sawit merah bisa tahan hingga empat bulan.

 

Penggunaan Minyak Sawit Merah

Minyak sawit merah bisa digunakan untuk menggoreng, menumis, bisa digunakan untuk pencampur masakan atau minuman, contohnya satu sendok teh minyak sawit merah bisa dicampur ke dalam makanan, langkah itu bisa memenuhi kebutuhan harian vitamin A dan vitamin E anak-anak.

Minyak sawit merah juga bisa langsung diminum dengan takaran sebanyak setengah sendok teh setiap hari. Bisa juga sebagai pembersih wajah, untuk luluran atau minyak untuk memijat, rupanya minyak sawit juga bisa untuk aroma terapi. (T2)

 


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit