infosawit

Memusatkan Pengelolaan Sawit Berkelanjutan Lewat RAN-KSB



Memusatkan Pengelolaan Sawit Berkelanjutan Lewat RAN-KSB

InfoSAWIT, JAKARTA - Semenjak resmi berdiri di akhir tahun 2014, Forum Kelapa Sawit Berkelanjutan Indonesia (FoKSBI) tercatat telah aktif mendorong diskusi dan koordinasi lintas sektor untuk pembangunan kelapa sawit berkelanjutan.

Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan memfasilitasi penyusunan Rencana Aksi Nasional Kelapa Sawit Berkelanjutan (RAN-KSB). Saat ini, dari informasi yang didapat InfoSAWIT, RAN-KSB sudah selesai disusun dan tengah menjajaki tahap legalisasi untuk menjamin proses implementasi berjalan dengan baik.

Saat ini, FOKSBI daerah sudah terbentuk di tiga provisi yaitu di Riau, Sumatera Utara, Kalimantan Barat, dimana ketiganya masih dalam proses finalisasi Rencana Aksi Provinsi (RAP) oleh masing-masing provinsi.

Sementara itu, di tingkat kabupaten terdapat tiga kabupaten yang tergabung dalam FOKSBI yaitu Pelalawan, Sintang, dan Tapanuli Selatan; dimana dua kabupaten terakhir sudah rampung menyusun Rencana Aksi Kabupaten (RAK), sementara Kabupaten Pelalawan baru memasuki tahapan awal.

Semua rencana aksi ini memuat konteks permasalahan, tujuan, program kegiatan, dan indikator keluaran yang diharapkan untuk memastikan perkembangan implementasi di setiap tingkat pemerintahan menuju kelapa sawit berkelanjutan, serta pemantauan dan koordinasi lintas sektor berjalan dengan baik.

Untuk memperkuat sinergitas ini, FOKSBI melibatkan Lingkar Temu Kabupaten Lestari (LTKL) yang sudah berhasil menghidupkan inisiatif dan praktik pembangunan berkelanjutan dari beberapa kabupaten produsen kelapa sawit; yaitu Musi Banyuasin, Rokan Hulu, Siak, Batanghari, Labuan Batu Utara, Sintang, Sanggau, dan Sigi. Dengan demikian sinergi antara FOKSBI dan LTKL menjadi hal yang sangat penting dan relevan untuk mendorong implementasi nyata kelapa sawit berkelanjutan di lapangan. (T2)

Lebih lengkap baca InfoSAWIT cetak Edisi April 2019

 


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit