infosawit

4 Asosiasi Petani Sawit Swadaya Bentuk POPSI



Dari Kiri: Pahala Sibuea (Samade), Sabarudin (SPKS), Alvian Arahma (Apkasindo) dan Bambang Gianto (Aspekspir)
4 Asosiasi Petani Sawit Swadaya Bentuk POPSI

InfoSAWIT, JAKARTA  - Empat organisasi petani kelapa sawit diantaranya Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia (APKASINDO), Serikat Petani Kelapa Sawit (SPKS), Asosiasi Petani Kelapa Sawit PIR (ASPEK-PIR), dan Asosiasi Sawitku Masa Depanku (SAMADE), sepakat bergabung membentuk Persatuan Organisasi Petani Kelapa Sawit atau yang disingkat POPSI. Pengukuhan ini dilakukan melalui deklarasi bersama di Jakarta belum lama ini.

Ketua Umum ASPEK-PIR, Setioyono mengatakan organisasi petani harus bersatu untuk memiliki pandangan dan sikap yang sama menyuarakan kepentingan petani kelapa sawit Indonesia.

Lantas, dana Sawit yang dikumpulkan oleh Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDP-KS), ini harus memberikan manfaat bagi petani kelapa sawit dengan cara mendukung penuh pendanaannya untuk peremajaan sawit rakyat.

Lebih lanjut kata Setiyono yang juga merupakan petani sawit PIRTRANS di Riau ini juga meminta agar dukungan pendanaan bagi petani tidak dibatasi dengan luasan 4 ha melainkan dibawah 25 ha sesuai UU Perkebunan.

Diapun meminta agar dukungan dana sebesar 25 juta rupiah/ha tersebut harus ditinjau kembali bersama dengan anggota POPSI. “Dengan harapan mencapai 45 juta/ha sebagaimana harapan dari ratusan ribu petani PIR di Indonesia,” tandas Setiyono dalam keterangan resmi diterima InfoSAWIT, belum lama ini. (T2)

 


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit