infosawit

Negara Penghasil Minyak Sawit Sepakat Bawa Delegated Act ke WTO



Negara Penghasil Minyak Sawit Sepakat Bawa Delegated Act ke WTO

InfoSAWIT, KUALA LUMPUR – Dalam pertemuan Dewan Negara-negara Penghasil Minyak Kelapa Sawit (CPOPC) ke 7 di Kuala Lumpur, Selasa (16/7/2019) lalu, para anggota diantaranya Indonesia, Malaysia, dan Kolombia membahas berbagai masalah terkait industri minyak sawit, termasuk kebijakan perdagangan internasional dan akses pasar, keterlibatan bisnis dan petani kecil, serta Agenda Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) 2030 untuk Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs).

Para anggota produsen minyak sawit kecewa dengan adanya penerapan kebijakan Delegated Act yang diterapkan Uni Eropa 10 Juni 2019 lalu. Terlepas dari berbagai upaya yang dilakukan oleh negara-negara penghasil minyak sawit untuk memberikan informasi tentang inisiatif keberlanjutan. Serta selama Misi Bersama Menteri Dewan Negara-negara Penghasil Minyak Kelapa Sawit di Brussels, Belgia, 8-9 April 2019, Delegasi memiliki posisi yang kuat atas rancangan Delegated Act dan menyatakan keprihatinan mereka yang mendalam kepada para pemimpin UE.

Dalam keterangan resmi diterima InfoSAWIT, belum lama ini, baik Malaysia maupun Indonesia menginformasikan bahwa masing-masing pemerintah saat ini sedang meninjau hubungan mereka dengan negara-negara di Uni Eropa, dan berkomitmen untuk menentang kebijakan Delegated Act dan menyelesaikannya di Badan Penyelesaian Sengketa WTO serta jalan lain yang memungkinkan.

Dalam rapat juga muncul usulan untuk melakukan pembentukan Kelompok Kerja Bersama CPOPC-EU tentang Minyak Kelapa Sawit, sebagai platform baru untuk merespons lebih jauh terhadap kebijakan Delegated Act yang diterapkan Uni Eropa.

Kelompok Kerja Bersama (JWG) akan melibatkan Negara-negara Anggota CPOPC dan negara-negara penghasil minyak sawit lainnya, seperti minyak sawit Afrika produsen, dan akan mengangkat masalah petani kecil dan pengentasan kemiskinan untuk menentang Undang-undang yang Diberikan. (T2)


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit