infosawit

3 Masalah Sawit yang Butuh Solusi Tepat



3 Masalah Sawit yang Butuh Solusi Tepat

InfoSAWIT, JAKARTA – Diakui atau tidak sektor kelapa sawit telah menyumbang devisa cukup tinggi bagi Indonesia, hanya saja sayangnya komoditas strategis ini juga diliputi beragam masalah yang butuh solusi cepat.

Dikatakan Menteri Koordinator Kemaritiman, Luhut Binsar Pandjaitan, bila Indonesia tidak dengan baik mengelola permasalahan pada sektor perkebunan kelapa sawit maka industri ini akan jalan di tempat.

“Disaat negara lain sudah lari kita masih ribut dengan beragam masalah,” katanya saat memberikan sambutan dalam acara Workshop Teknologi Pemanfaatan Minyak Sawit  Untuk GREEN  FUEL Dalam Mendukung Ketahanan Energi dan Kesejahteraan Petani Sawit,” yang diadakan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), Selasa (16/7/2019) yang dihadiri InfoSAWIT.

Permasalah itu terkait luasan lahan yang dimiliki perusahaan kelapa sawit, dugaan perusakan lingkungan, dan belum adanya kemitraan perkebunan kelapa sawit dengan masyarakat sekitar.

Bahkan tercatat sekitar 80% lahan yang ada sesuai kajian yang dilakukan world bank, perkebunan kelapa sawit mengalami 3 masalah diatas. Sebab itu kata Luhut, saat ini perlu dipikirkan untuk menyudahi masalah tersebut, salah satunya dengan cara pinalti, jika ada perusahaan terbukti melanggar diberikan pinalti. “Bayar saja pinalti ke pemerintah, supaya bisa selesai masalahnya,” tandas dia. (T2)

 


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit